Home Preview Festival Bale Nagi

Preview Festival Bale Nagi

“Gelekat Lewo Gewayan Tana”

NO.EVENT DAN DESKRIPSITEMPATJADWALAKSES LOKASIFASILITAS PENDUKUNG
1 2 3 4 5 6
  01PAGELARAN SENI BUDAYA PANTAI OA SEKALIGUS OPENING CEREMONY FESTIVAL BALE NAGI 2019 Festival Bale Nagi direncanakan akan dibuka di Pantai Oa dengan menampilkan pagelaran seni dari komunitas-komunitas seni dan budaya di wilayah Kecamatan Wulanggitang dan Kecamatan Ile Bura.  Desa Pantai Oa, Kecamatan Wulanggitang.06 April 2019Dapat dicapai dengan jalan darat  melalui Maumere (+ 2 jam) ataupun Larantuka            (+ 1,5 jam) dengan kendaraan roda dua dan empat. Home stay yang layak disiapkan oleh warga sekitar melalui koordinasi yang baik dengan pegiat pariwisata yang dapat dihubungi di sana. Di obyek wisata juga ada fasilitas lainnya antara lain : toilet dan ruang ganti, gazebo, tempat parkir kendaraan.
02ATRAKSI WISATA DAN OBYEK WISATA PENDUKUNG        
 PESTA OMBAK Pantai Rako menjanjikan pemandangan yang masih sangat alami, dipadukan dengan gelombang yang cukup besar untuk sebuah pengalaman surfing / berselancar yang tak terlupakan. Akan disemaraki dengan berbagai pertunjukan seni dan budaya masyarakat lokal serta launching produk kopi khas Flores Timur, Kopi Leworook (minum 1001 cup kopi).Desa Hewa Kecamatan Wulanggitang07 April 2019 (open date)Dapat dicapai dengan perjalanan darat  melalui Maumere (+ 2 jam) ataupun Larantuka (+ 1,5  jam) dengan kendaraan roda dua dan empat.  Home stay yang layak disiapkan oleh warga sekitar melalui koordinasi yang baik dengan pegiat pariwisata yang dapat dihubungi di sana. Di obyek wisata juga ada fasilitas lainnya antara lain : toilet.
 TREKKING KE BUKIT MANUK Menawarkan aktivitas soft trekking 30 menit menuju Bukit Manuk, sebuah bukit yang memisahkan dua pantai;Desa Hewa, Kecamatan WulanggitangApril 2019 (open date)Dapat dicapai dengan perjalanan darat  melalui Maumere (+ 2 jam) ataupun Larantuka (+ 1,5  jam) dengan kendaraan roda dua dan empat. Home stay yang layak disiapkan oleh warga sekitar melalui koordinasi yang baik dengan pegiat pariwisata yang dapat dihubungi di sana.
 Pantai Rako di sebelah timur dan Pantai Kokang di sebelah barat. Dari sini, pengunjung dapat menikmati pemandangan dua pantai indah ini secara bersamaan sekaligus dapat menikmati wisata religi karena terdapat Patung Bunda Maria di puncak bukit ini.        
 TREKKING KE TANJUNG MAKASSAR. Tanjung Makassar memisahkan Pantai Rako di sebelah barat dan Pantai Oa di sebelah timur. Tepat di bawahnya, terdapat sebuah gua berukuran sedang yang menjadi sarang kelelawar, menjanjikan sebuah pengalaman mengeksplorasi tempat-tempat alami seperti ini. TREKKING KE AIR TERJUN WAIRPOAR Pemandangan menarik dengan jenis trip “of the beaten track” melintasi hutan Boru Kedang sambil menikmati koleksi pepohonan besar menuju air terjun alam Wairpoar.  Desa Hewa, Kecamatan Wulanggitang.April 2019 (open date)Dapat dicapai dengan jalan darat  melalui Maumere (+ 2 jam) ataupun Larantuka (+ 1 jam) dengan kendaraan roda dua dan empat. Home stay yang layak disiapkan oleh warga sekitar melalui koordinasi yang baik dengan pegiat pariwisata yang dapat dihubungi di sana.
03LEWOTOBI TWIN VOLCANO HIKING. Gunung Lewotobi terdiri dari dua gugusan gunung berapi kembar yang masih aktif; Lewotobi Perempuan dan Lewotobi Laki-laki, sangat aman untuk didaki dengan didampingi oleh guide lokal yang sudah sangat berpengalaman, menjamin sebuah pengalaman eksploring yang berkesan.  Desa Lewotobi, Kecamatan Ile Bura.April 2019 (open date)Dapat dicapai melalui Larantuka (kota terdekat) dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat + 1,5 jam perjalanan. Titik pendakian akan bermula di Dusun Duang Bawalatang.Home stay yang layak dan guide lokal yang berpengalaman dapat dihubungi secara mudah pada lokasi.
04PAMERAN TENUN IKAT Tenun Ikat adalah sebuah proses pembuatan kain secara tradisional hingga menghasilkan sehelai kain/sarung yang sering disebut kwatek/nowin yang dilakukan oleh para wanita di Flores Timur umumnya. Ragamnya motif di setiap desa menjadikan kwatek/nowin semakin kaya akan inspirasi. Menyaksikan pameran ini akan menambah khasanah pengetahuan pengunjung tentang budaya masyarakat lokal yang arif dan penuh makna bijak.  Desa Pamakayo, kecamatan Solor Barat.12 April 2019Dapat dicapai melalui perjalanan laut dari Larantuka dengan menggunakan kapal motor (+ 1 jam).Home stay yang layak disiapkan oleh warga sekitar melalui koordinasi yang baik dengan pegiat pariwisata yang dapat dihubungi di sana.
05MEKKO EXPLORING Kawasan Mekko terdiri dari gugusan pulau kecil; Pulau Kelelawar, Pulau Ipe, Pulau Keroko, Pulau Watan Peni Besar dan Kecil, Pulau Gambus, Pulau Bani), dan sebuah pulau pasir yang memiliki keunikan, karakter dan pemandangan yang menakjubkan yang memanjakan pengunjung untuk melakukan snorkling, berenang, berjemur, berfoto, menikmati aktifitas kelelawar, dll). Mengekplorasi Mekko seperti menikmati kepingan surga yang ada di bumi.Desa Pledo, Kecamatan Witihama, Adonara.April 2019 (open date)Dapat dicapai melalui perjalanan laut dari Larantuka menggunakan kapal motor, dilanjutkan dengan perjalanan darat berdurasi (+ 2 jam), atau dengan perjalanan laut langsung menuju ke lokasi (+ 2 jam).Tersedia beberapa unit lopo kecil dan fasilitas toilet, penyewaan motor laut oleh masyarakat setempat di pinggir pantai yang sudah dikoordinasi dengan baik oleh masyarakat setempat.
06.SEMANA SANTA Prosesi Religius Katholik yang sudah berlangsung lebih dari 5 abad, diadakan selama 3 hari, (Rabu Trewa, Kamis Putih, Prosesi Jumad Agung). Prosesi Jumad Agung juga diawali dengan beberapa prosesi religi lainnya di Wureh (Adonara Barat), Konga dan Lewolaga.Larantuka, Kecamatan Larantuka.17-21 April 2019Kota Larantuka dapat dicapai melalui perjalanan udara ataupun laut dari Kupang dan Maumere.Tersedia varian penginapan hotel dan home stay yang layak untuk dimanfaatkan pengunjung. Dapat dikoordinasikan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Flores Timur.
 Puncak perayaan adalah pada saat prosesi Jumad Agung, dengan mengarak Patung Tuan Ma (Bunda Maria) mengelilingi kawasan kota Larantuka diiringi pujian dan doa yang mengkekspresikan duka Bunda Maria atas kehilangan putranya, Yesus Kristus. Melalui prosesi ini, pengunjung dijamin akan merasakan sebuah pengalaman wisata religi yang berkesan. Situs-situs wisata yang wajib dikunjungi : Kathedral Reinha Rosari, Kapela Tuan Ma, Kapela Tuan Ana, Kapela Tuan Menino, Museum Kubur Uskup Gabriel Manek, Bukit Fatima San Dominggo, Pulau Waibalun, Boardwalk Hutan Mangrove Waiplatin di Mokantarak.          
07.Optional untuk Land Tour Arrangement: Danau Asmara dan Bukit Teletubbies Lamanabi Danau Asmara merupakan sebuah danau yang cukup besar yang masih sangat alami, dengan spot-spot yang layak dijadikan tempat berfoto dan refreshing.Desa Waibao, Kecamatan Wulanggitang.April 2019 (open date)Dapat dicapai dari kota Larantuka, dengan kendaraan roda dua dan empat (+45 menit).Tersedia beberapa rumah pohon yang menarik dan unik, serta lokasi parkir yang luas.
 Land Tour to Village Tourism Desa Lewokluok. Desa Lewokluok dan Ile Padung merupakan salah satu desa wisata yang tetap mempertahankan identitasnya sebagai desa wisata, dengan tetap menjalankan ritual-ritual adat serta memiliki rumah adat yang masih sangat terjaga dengan baik. Berada di tengah masyarakat ini, pengunjung akan terbawa dalam sebuah pengalaman hidup yang tenang, alami, dan menyejukkan. Di Desa Ile Padung, pengunjung juga dapat merasakan sensasi sunset secara utuh yang menghadirkan suasana romantisme dan alamiah di tepi pantai, sentra produksi kacang mente.Desa Lewokluok, desa Lewokluok, Kecamatan Demon Pagong. Desa Ile Padung, Kecamatan Lewolema.            April 2019 (open date)Dapat dicapai dari pusat kota melalui jalan darat dengan kendaraan roda dan empat (+ 40 meni). Desa Ile Padung dapat dicapai dari pusat kota Larantuka melalui perjalanan darat dengan kendaraan roda dua dan empat   (+ 25 menit).
Home stay yang layak dan guide lokal yang berpengalaman dapat dihubungi secara mudah di lokasi.
                     
  08.PESTA NELAYAN Syukuran Nelayan merupakan kegiatan rutinitas tahunan para nelayan untuk mensyukuri rahmat atas hasil laut yang diperoleh selama setahun yang ditandai dengan Upacara Misa di Pulau Waibalun (sebuah pulau kecil di depan Kelurahan Waibalun), yang dipimpin oleh YM Bapak Uskup Larantuka. Kegiatan ini juga dimeriahkan dengan lomba mendayung sampan dan renang tradisional. Setelah khusuk dalam Proses Jumad Agung sehari sebelumnya, momen ini dapat menjadi kesempatan refreshing yang menyenangkan bagi pengunjung.   Kelurahan Waibalun, Kecamatan Larantuka.22 April 2019Dapat dicapai melalui jalan darat dari pusat kota Larantuka dengan kendaraan roda dua dan empat (+ 10 menit).Tersedia varian penginapan hotel dan home stay yang layak untuk dimanfaatkan pengunjung. Dapat dikoordinasikan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Flores Timur.
  09REKANG WU’UNG DAN ATRAKSI BUDAYA Syukuran panen (makan hasil panen baru) bagi para gadis lajang.Desa Sulengwaseng, Kecamatan Solor Selatan.22 April 2019Dapat dicapai melalui perjalanan laut dari Larantuka dengan menggunakan kapal motor (+ 1 jam) dilanjutkan melalui jalur darat (+ 40 menit).Home stay yang layak disiapkan oleh warga sekitar melalui koordinasi yang baik dengan pegiat pariwisata yang dapat dihubungi di sana.      
10FESTIVAL BALE NAGI Atraksi Tenun Ikat menampilkan proses pembuatan kain tenun tradisional khas etnis Lamaholot (Flores Timur) yang melibatkan 1.500 penenun. Tenun Ikat adalah sebuah proses pembuatan kain secara tradisional hingga menghasilkan sehelai kain/sarung yang sering disebut kwatek/nowin yang dilakukan oleh para wanita di Flores Timur umumnya. Ragamnya motif di setiap desa menjadikan kwatek/nowin semakin kaya akan inspirasi. Menyaksikan pameran ini serta atraksi budaya dari komunitas seni dari desa-desa di sekitarnya akan menambah khasanah pengetahuan pengunjung tentang budaya masyarakat lokal yang arif dan penuh makna bijak.Pameran Ekonomi Kreatif khas Flores TimurPameran Pendidikan Tinggi dan Vokasi Tingkat Nasional (kerjasama STIKOM Bali dan Pemkab Flores Timur)Larantuka, Kecamatan Larantuka.23 April 2019Kota Larantuka dapat dicapai melalui perjalanan udara ataupun laut dari Kupang dan Maumere. Tersedia varian penginapan hotel dan home stay yang layak untuk dimanfaatkan pengunjung. Dapat dikoordinasikan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Flores Timur.
11LAMAWOHONG CULTURE FESTIVAL:
Menampilkan Festival Budaya orang Lamawohong di Pulau Solor.
PEMBANGUNAN LANGO WUHU AME: Merupakan tradisi pembagunan rumah adat di Lamawohong. PAMERAN TENUN IKAT DAN ATRAKSI BUDAYA  
Desa Lamawalang, Kecamatan Solor Barat.  24 dan 25 April 2019        Dapat dicapai melalui perjalanan laut dari Larantuka dengan menggunakan kapal motor (+ 1 jam) dilanjutkan melalui jalur darat (+ 40 menit).Home stay yang layak disiapkan oleh warga sekitar melalui koordinasi yang baik dengan pegiat pariwisata yang dapat dihubungi di sana.  

Demikian preview “ FESTIVAL BALE NAGI 2019 “ di Kabupaten Flores Timur , Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Terima kasih.-

Larantuka, 06 Pebruari 2019

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan

Kabupaten Flores Timur,

APOLONIA COREBIMA, SE., M.Si

Pembina Utama Muda

NIP. 19690718 199703 2 002

Download PDF