Home>Berita>Demo hari buruh – Larantuka
Berita

Demo hari buruh – Larantuka

GretakBertepatan dengan peringatan hari buruh sedunia, Gerakan anti korupsi Flores Timur (Gretak) melakukan demo menuntut kejelasan akan tunggakan pembayaran tunjangan sertifikasi guru di kabupaten Flores Timur sejak tahun 2012. selain itu Gretak dibawah koordinator Kanis Soge, Jhon Row dan Mikael Hayon menuntut pemkab Flores Timur memberikan klarifikasi tentang perekrutan tenaga kontrak pada tahun ini yang berjumlah ratusan pada SKPD di Pemkab Flotim.

Advertisements

Setelah berorasi selama 30 menit, perwakilan Gertak berjumlah 4 orang kemudian menemui Asisten Administrasi Umum Cornelis Carvallo, SH selaku Pejabat yang mewakili Sekda Flores Timur. Menaggapi tuntut tersebut Asisten Cornelis menjelaskan bahwa ada perbedaan antara tenaga honorer yang merupakan cikal bakal PNS dan tenaga kontrak yang terikat dengan masa kerja dan kebutuhan tiap SKPD. Lebih lanjut Asiten Cornelis menjelaskan tenaga kontrak sifatnya sementara dan sifat kontraknya bisa setahun, bisa juga lebih tergantung kebutuhan tiap SKPD. Asiten Cor menambahkan bahwa daftar rekapitulasi tenaga honorer seperti yang dituntut Gretak untuk diserahkan saat ini harus melalui sebuah mekanisme. “kami tidak bisa memberinya begitu saja, ketika setiap orang datang memintanya, lebih baik adik-adik pergi ke DPRD dan meminta DPRD untuk mengagendakan hal ini supaya kita sama-sama saling mendengarkan, hearing pada saatnya nanti” Jelas Asisten Cor.

Sementara menjawab persolan tunggakan pembayaran sertifikasi guru, Asiten Cor menganjurkan agar Gertak langsung melakukan klarifikasi dengan Instansi teknis. “selaku asisten Administrasi Umum, persolan pendidikan dan guru bukan merupakan lingkup koordinasi saya sebagai asiten administrasi umum. tapi saya akan meneruskan hal ini kepada pa Sekda”, Tegas Asiten Cor.

Selain berorasi di Kantor Bupati, Gretak yang berjumalah 30-an orang berorasi di Gedung DPRD Kab. (Din)