Bupati Lembata Pimpin Warga Kunjungi Wakatobi

LEWOLEBA, TIMEX – Sedikitnya 250 warga Lembata, terdiri dari 30 Kepala Dinas, 1 anggota anggota legislatif, kepala desa, penari dan pemain sepak bola, Minggu (21/10) bertolak menuju Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Uji coba pelayaran dengan KMP Ile Boleng ini sekaligus penjajakan hubungan antar kedua daerah.

Disaksikan koran ini, Minggu (21/10) di Pelabuhan Laut Lewoleba, Kabupaten Lembata, uji coba penyeberangan Lembata-Wakatobi ini diikuti 250 warga dan pimpinan daerah tersebut. Selain satu unit truk berisi hasil bumi berupa pisang, kelapa dan ubi, turut serta pula tiga unit kendaraan dinas termasuk mobil dinas Bupati Lembata.

Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur mengatakan, Lembata adalah kabupaten satu pulau yang membutuhkan kerja sama antar daerah yang saling menguntungkan. Uji coba pelayaran Lembata-Wakatobi adalah salah satu terobosan guna membuka akses Tenggara-Tenggara.

Direncanakan di Wakatobi nanti, rombongan akan menemui pemerintah daerah setempat, melakukan pentas budaya, melakukan pertandingan persahabatan sepak bola dan penjajakan kerja sama bisnis komoditi yang dimiliki Lembata seperti ubi kayu, pisang dan kelapa.

Uji coba pelayaran Tenggara-Tenggara ini dipimpin Bupati Lembata, Eliazer Yentji Sunur dengan biaya Rp 303 juta dari subsidi APBD II Kabupaten Lembata.

Sementara itu Wakil Bupati Lembata, Viktor Mado Watun yang tidak ikut dalam kunjungan ke Wakatobi mengingatkan kepala dinas yang turut serta dalam pelayaran ini agar mengantongi data pasti kebutuhan apa saja yang dapat disuplay Lembata ke Wakatobi, demikian pula sebaliknya.

“Sekali pelayaran, membutuhkan dana Rp 50 juta dan pemerintah sudah
mensubsidi Rp 303 juta untuk pelayaran Lembata-Wakatobi sehingga minimal masyarakat harus mengenyam keuntungan dari kerja sama ini. Saya juga mengingatkan agar penjajakan kerja sama ini mampu membantu masyarakat Lembata yang rata-rata petani ini,” ujar Mado Watun. (krf1/ito)

Facebook Comments

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password