Cipta Kebersihan, Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan, Tim ODF Jatiroto Susur Sungai

LN Focus Indonesia News │Lumajang – Sebagai upaya pencegahan demi menciptakan kebersihan lingkungan, ODF (Open Defecation Free), Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan  dan Tim ODF Jatiroto Susuri Sungai, (16/10/2020).

ODF atau Open Defecation Free ( ; red) adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan, sehingga untuk memutuskan rantai penularan ini harus dilakukan rekayasa pada akses ini.

Rangkuman tim media ini, (16/10/2020) mewakili Danramil 0821/12 Kecamatan Jatiroto Kabupaten Lumajang, Pelda Yahdi saat kegiatan Susur sungai wilayah Desa Sukosari Kecamatan Jatiroto. mengatakan TNI sangat mendukung program kebersihan lingkungan sebagai tugas bersama.

“Upaya ini bertujuan untuk membantu masyarakat mengerti akan kebersihan lingkungan,” tegasnya. Kami dukung program ini agar Kecamatan Jatiroto bebas dari ODF,” ungkap Pelda Yahdi.

Hal yang sama disampaikan Camat Jatiroto Drs. Pujianto. Menurut dia, kegiatan susur sungai ini dimaksud untuk melihat langsung wilayah dan guna mengetahui tingkat kesadaran masyarakat tentang dampak ODF (Open Defecation Free).

“Kami selaku Pemerintah Kecamatan tak henti-hentinya mengajak dan menghimbau kepada warga semua untuk saling membantu upaya program ODF,” tandas Camat Jatiroto, Drs. Pujianto.

Kegiatan menyusuri sungai, kata Kepala Pukesmas Jatiroto dr. Tanti, merupakan program pemerintah, dalam hal ini Dinas Kesehatan untuk mengajak kesadaran masyarat Jatiroto agar benar-benar mengerti dan paham akan kebersihan lingkungan.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Pemerintah Kecamtan, Koramil dan Polsek Jatiroto yang selalu mendukung kegiatan susur sungai dan berjalan dengan lancar,” kata Kepala Pukesmas Jatiroto dr. Tanti.

Tofik│Red