Hari Raya Kuningan, Umat Hindu Lumajang Rayakan Sesuai Protokol Covid-19

LN Focus Indonesia News │Pure Mandara Giri Semeru Agung, Kecamatan Senduro, dipadati Umat Hindu Wilayah Kabupaten Lumajang, Sabtu (26/9/2020).

“Hari Raya Kuningan adalah saat kembalinya Dewa dan Leluhur yang turun saat membantu memenangkan Darma saat melawan Adarma yang diperingati waktu Hari Raya Galungan, tepatnya Rebo Kliwon Wuku Dumula. Untuk acara persembahyangan Hari Raya Kuningan ini, harus sudah selesai sebelum jam 12 siang”, ungkap Ketua Parisada Hindu Darma Indonesia (PHDI) Kabupaten Lumajang, Edi Sumanto, S.Ag.

Rangkuman tim media ini, sekitar 500 orang mengikuti perayaan ini, yang dibagi dalam beberapa gelombang sesuai petunjuk aturan protokol Covid 19.

Perayaan Hari Raya Kuningan dilaksanakan dengan protokol kesehatan seperti cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker.

Menurut Masyarakat Peduli Pendidikan dan Pariwisata ( MP3), Kangsan, meski kegiatan ini digelar pada masa pandemi covid-19, namun seluruh proses dan suasana berjalan tertib, lancar dan aman.

“Semoga pandemi covid-19 ini bisa segera teratasi agar aktifitas masyarakat bisa normal kembali, utamanya sektor ekonomi rakyat, sektor kepariwisataan, baik wisata alam, pertanian hingga wisata religi, khususnya di wilayah Kecamatan Senduro dan Kabupaten Lumajang umumnya”, tandas Kangsan.

Tofik│Red