SMA Negeri 1 Larantuka: Rumah Masa Depan

(Kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah)

LN Focus Indonesia News │Sebelum memasuki sebuah jenjang pendidikan, biasanya peserta didik baru harus melewati masa orientasi pengenalan lingkungan sekolah atau yang lazim disebut dengan MOS.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan formal, SMA Negeri 1 Larantuka menyelenggarakan kegiatan sasa pengenalan lingkungan sekolah atau MPLS bagi para peserta didik baru kelas X. Kegiatan PLS tahun pelajaran 2020/2021dilaksanakan pada hari Kamis, 23 Juli 2020 s/d Rabu 29 Juli 2021 di Aula SMA Negeri 1 Larantuka. Kegiatan PLS untuk ke-432 peserta didik baru ini dilakukan dengan sistem shift dimana setiap siswa dibagi menjadi enam kelompok, dengan satu kelompok terdiri dari 72 siswa per-hari.

Mekanisme kegiatan ini tetap mengikuti protokol kesehatan yaitu tetap memakai masker, mencuci tangan dan pengukuran suhu di pintu gerbang sekolah oleh petugas Covid 19 tingkat sekolah dalam kerjasama dengan gugus tugas covid19 Kabupaten Flores Timur. Selama kegiatan, para siswa diharapkan tetap menjaga jarak.

Kegiatan PLS ini dibuka oleh Bapak Kepala SMA Negeri 1 Larantuka, Drs. Yakobus Milan Betan pada hari Kamis, 23 Juli 2020. Dalam sambutan awalnya beliau menegaskan bahwa masa pengenalan lingkungan sekolah adalah masa indah dimana siswa harus belajar beradaptasi dengan lingkungan dan sekolah baru. Oleh karena itu maka siswa mesti mengikutinya dengan serius dan penuh perhatian.

Selanjutnya ketua panitia PLS Silvester Witin dalam arahan pengantarnya menegaskan bahwa PLS merupan kegiatan sekolah yang memberikan nilai edukatif, kreatif dan menyenangkan sesuai Permendikbud nomor 18 Tahun 2016.

Adapun materi yang dibawakan selama kegiatan PLS ini, yaitu Wawasan Wiyata Mandala oleh Bapak Kepala SMAN 1 Larantuka, Drs. Yakobus Milan Betan, Tata Krama Siswa oleh Maria Ines Belang, S.Pd (Wakasek Kesiswaan), pengenalan Kurikulum 2013 oleh Sirilus Bali Sabon, S.Pd (Wajasek Kurikulum), Cara Belajar Efektif oleh Silvester Witin, S.Fil (Wakasek Humas) dan Kesadaran Berbangsa dan bernegara oleh Maxmilianus Kolin, S.Pd (Wakasek Sarpras). Selanjutnya para peserta PLS dibekali juga dengan materi Penanggulangan Covid 19 oleh Satgas Covid Kabupaten Flores Timur dan diakhiri dengan Tes Peminatan.

Patut diketahui juga bahwa kegiatan PLS untuk peseta didik baru yang dilaksanakan di tengah pandemi Covid 19 ini diselenggarakan oleh pihak sekolah setelah melalui persetujuan dari orangtua/wali dalam rapat bersama yang diselenggarakan bersama di sekolah pada hari sebelumnya dan setelah mendapat persetujuan dari tim gugus tugas Covid 19 kabupaten Flores Timur. Selamat datang dan bergabung dengan SMA Negeri 1 Larantuka yang adalah rumah masa depanmu.

Silvester Witin – Humas Smansa.