Covid-19, Semua Komunitas Di Lumajang Jatim Melebur Untuk Sedekah

LN Focus Indonesia News │Rapat Koordinasi berbagai Komunitas dan LSM di Lumajang Provinsi Jawa Timur dilaksanakan mulai pagi hari hingga siang (1/5/2020), bertempat di Aula BPBD Lumajang.


Rangkum Jurnalis media ini (1/5/2020), pada kesempatan itu Kepala Bidang Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Kantor BPBD Lumajang, M. Wawan Hadi. S SH yang mimpin rapat mengatakan, untuk semua Komunitas maupun Ormas dan LSM yang ada di Kabupaten Lumajang sekiranya bergabung dalam Wadah Serangga atau Sedekah Beras Ngramut Tongo.

Wadah Serangga, lanjut M. Wawan Hadi. S SH, dibentuk khusus oleh Pemerintah Lumajang dalam menangani Pandemi Covid-19. Tugas dan fungsi Serangga adalah menjadi Mitra Dinas Sosial dalam Pemutahiran Data Keluarga Kurang Mampu yang belum tersentuh Bantuan dari Pemerintah ( BLT, BST, maupun dari PKH).


Serangga berada di pusat Pemerintahan Kabupaten dan ada Koordinator di tingkat Kecamatan (Korcam).

“Jadi intinya tidak ada lagi Komunitas maupun Ormas dan LSM yang menangani dalam lingkup Covid-19, yang ada cuma satu wadah yaitu Serangga Lumajang”, urai M. Wawan Hadi. S SH.

Pada kesempatan sama Koordinator Serangga tingkat Kabupaten, Farida Nurochim mengatakan teknis kerja anggota nya adalah, bersama Pemerintah Desa melaksanakan pendataan Warga yang memenuhi kriteria untuk mendapatkan bantuan dan data tersebut selalu di up date, selanajutnya diverifikasi di tingkat Kecamatan, juga pengawalan pendistribusian beras dari Kecamatan, Desa hingga penerima manfaat, sampai pelaporan perkembangan dilapang apabila ada permasalahan.


Rakor yang diikuti 40 orang perwakilan dari masing-masing Komunitas dan Ormas maupun LSM yang ada di Kabupaten Lumajang dimulai jam 08.00 – 11.00 wib, berjalan lancar sekaligus pemberian surat tugas (ST) kepada masing-masing Personil Serangga sebagai pegangan untuk melaksanakan tugas di Lapangan.

Tofik│Red