Jubir Covid-19 NTT : 1 Warga Flotim Positif, Total NTT 11 Positif , 1 Sembuh

LN Focus Indonesia News │Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT, Marius Ardu Jelamu dalam sambung wawancara per telepon dengan redaksi media ini (6/5/2020) mengatakan, berdasarkan hasil Swab Test satu warga Kabupaten Flores Timur, yang sebelumnya tiba di Flores Timur melalui Pelabuhan Maumere Sikka menggunakan Kapal Lambelu, dinyatakan Positif Terjangkit Covid-19 Coronavirus.

Rangkuman redaksi berita, swab test corona adalah pemeriksaan untuk mendeteksi virus corona. Tes ini juga disebut tes PCR (polymerase chain reaction). Dalam swab test corona, petugas medis mengambil sampel apus dari saluran pernapasan. Misalnya, hidung dan tenggorokan. Sampel ini kemudian dibawa dan diperiksa di bawah mikroskop untuk mendeteksi ada tidaknya DNA virus corona.

Dengan hasil swab test ini, Marius Ardu Jelamu mengatakan, Pemerintah Provinsi NTT menghimbau seluruh Bupati di daratan Flores dan Lembata, agar mengambil langkah cepat, melakukan tracking kontak yang telah dilakukan oleh pasien terjangkit dengan warga masyarakat lain di masing-masing daerah, sebab penumpang Kapal Lambelu tidak hanya warga Flores Timur namun juga warga dari sejumlah Kabupaten lain di yang sebelumnya turun di Pelabuhan Maumere Kabupaten Sikka, Pulau Flores.

Marius Ardu Jelamu juga kembali menginformasikan akurasi pasien positif covid-19 di wilayah Nusa Tenggara Timur per tanggal 6 Mei 2020.

“Dengan hasil swab test, kini diketahui bahwa eks penumpang Kapal Lambelu, dalam hal ini satu warga Flotim dinyatakan positif covid-19 coronavirus. Kondisinya per hari ini baik-baik dan kita semua mendoakan keadaannya bisa pulih dari penularan covid-19. Data akurat per tanggal 6 Mei 2020 untuk NTT, 8 orang positif covid-19 di Kupang, 2 orang positif covid-19 di Labuan Bajo, 1 orang positif covid-19 di Flotim. Total 11 orang, bukan 12, sebab 1 orang sebelumnya sudah sembuh”, tegas Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT, Marius Ardu Jelamu.

Tim │Red