Jatim : Community Bersatu Bagi-Bagi Sembako Untuk Korban PHK

LN Focus Indonesia News – PASURUAN │ Demi meringankan beban korban Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) di tengah Pandemi Corona, Karang Taruna (Karta) yang tergabung dalam Heppiii Community di Probolinggo, Pasuruan dan Lumajang, Jawa Timur, menggelar aksi Ramadhan Heppiii, membagikan sembako kepada korban PHK akibat Pandemi Corona.

Rangkuman media ini (13/5/2020), lebih dari 2.000 Paket Sembako akan dibagikan kepada warga di berbagai Desa pada Tiga Kabupaten.

Koordinator Heppiii Community Kecamatan Purwosari, Waluyo Utomo menuturkan, untuk wilayah Purwosari terdapat 4 karta yang akan ambil bagian dalam kegiatan ini. Semuanya berada di Desa Martopuro. Mereka membagikan paket sembako yang berisi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, mie instan, roti, minuman isotonic, dan kopi Instan, Rabu (13/5/2020).

Menurut Waluyo, pihaknya melakukan pendataan agar pembagian paket sembako tidak salah sasaran.paket sembako ini akan di utamakan kepada warga Desa Martopuro yang terdampak corona, khususnya mereka yang terkena PHK atau dirumahkan.

“Sasaran kami adalah warga yang kehilangan penghasilan karena di-PHK. Syaratnya, penerimanya belum mendapat bantuan dari pemerintah. Biar ada keadilan dan tidak tumpang tindih,” ujar Waluyo.

Komunitas Heppiii Community di Probolinggo,Juga akan menggelar Baksos yang sama dan sasaran nya korban PHK/Dirumahkan karena Pandemi Corona.

Menurut Syaifullah Karta Desa Paiton, Probolinggo Mengatakan.” banyak warga Desa Paiton yang tadinya bekerja di sejumlah perusahaan, toko, restoran, hingga warung terkena PHK sejak adanya wabah Corona.

Mereka yang masuk dalam data dan layak akan mendapatakan Paket sembako yang akan dibagikan oleh Karta Desa Paiton meliputi 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, dan roti.

“Ini merupakan bentuk kepedulian kami dari karang taruna untuk membantu warga yang terdampak corona. Karena itulah kami bersatu, bahu-membahu, dan bersama-sama membuat kegiatan ini untuk memberikan manfaat bagi orang lain,” tutur Syaifullah.

Rencananya paket sembako di Desa Paiton akan dibagikan dengan sistem door to door, langsung ke rumah-rumah warga yang berhak menerima. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penerapan protokol physical dan Social distancing seperti anjuran pemerintah demi upaya pemutusan Virus Corona.

Sementara itu, Komunitas Heppiii Community di Lumajang sudah lebih dulu beraksi pada 2 Mei lalu. Rudi Mulyono dari Karta Sabuk Semeru Sumber Mujur mengatakan

“Sebagian besar penerima paket sembako di wilayahnya adalah para pelaku usaha dan pekerja di Kawasan Wisata Hutan Bambu Lumajang.

“Sejak Kawasan Wisata Hutan Bambu ditutup karena pandemi corona, para pelaku usaha dan orang-orang yang bekerja di sana tidak bekerja sama sekali. Untuk itulah, kami berpikir paket sembako ini sangat mereka butuhkan,” pungkasnya.

Tofik │Red