Dinas Pendidikan Gandeng IGI Flotim Sosialisasi Program Webinar Edukasi Masa Covid-19

LN Focus Indonesia News │ Di tengah pandemi Covid-19, dunia pendidikan terus berupaya mencari strategi serta model pembelajaran daring yang cocok untuk keberlangsungan proses pendidikan itu sendiri sebagai sebuah way of life.

Pada perayaan peringatan Hari Pendidikan Nasional, 02 Mei 2020, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Flores Timur, Provinsi NTT bekerjasama dengan Ikatan Guru Indonesia (IGI) Kabupaten Flores Timur memberikan sosialisasi program Webinar Edukasi Pembelajaran Jarak Jauh (daring) kepada seluruh Kepala Sekolah SLTP Kabupaten Flores Timur, bertempat di Ruangan Pengawas Kantor Dinas PKO Flotim.

Sosialisasi Program Webinar Edukasi ini dilakukan secara online dalam bentuk Meeting Online yang digagas dan dilakukan oleh IGI Flotim. Bertepatan dengan momentum HUT Hardiknas tahun 2020 yang dirayakan dalam suasana lain dari tahun tahun sebelumnya, yakni di tengah wabah covid19, yang juga pada prinsipnya mengganggu aktivitas pembelajaran di sekolah dan merubah semua desain serta model pembelajaran yang selama ini sedang dilaksanakan di setiap jenjang pendidikan dalam kurikulum 2013 yang tengah berlangsung ini.

Dalam nuansa dan semangat demikian, Perayaan Hardiknas tahun 2020 bertema “Belajar dari Covid-19”, Pemerintah melalui Dinas Pendidikan mencari model pembelajaran yang pas dan cocok untuk proses pemanusiaan manusia itu sendiri.

Kadis Pendidikan Flores Timur, Drs. Bernadus Beda Keda, dalam sambutan pembukaan mengajak para Kepala Sekolah dan para Guru mencari bentuk-bentuk pembelajaran aktual dan terbaru di tengah merebaknya virus Corona.

“Dunia Pendidikan harus cepat tanggap dan respon untuk mencari alternatif solusi yang tepat demi Pendidikan di Kabupaten Flores Timur tercinta ini. Para Guru mesti optimis dan selalu realistis menghadapi situasi Covid-19. Maka, dengan hadirnya IGI Kabupaten Flores Timur, sebenarnya para Guru dan dunia pendidikan terbantu untuk mengatasi situasi ini. Kegiatan Sosialisasi Program Webinar Edukasi menjadi solusi yang tepat di tengah Covid-19. Para Guru mesti memanfaatkan ruang belajar untuk mendesain program pembelajaran daring”, ungkap Kadis Pendidikan Flores Timur, Drs. Bernadus Beda Keda.

Lebih lanjut, Kadis Pendidikan Kabupaten Flores Timur dalam arahannya secara online dari Pulau Adonara, Witihama Kampung Kelahirannya, begitu antusias dan optimis memberikan motivasi kepada seluruh peserta meeting online untuk menangkap peluang yang ditawarkan oleh IGI Flotim ini.

Lebih lanjut, Ketua IGI Flotim, Frans Berek memberikan motivasi dan mengajak para Kepala Sekolah dan para Guru mengikuti program ini di tengah Covid-19.

Dijelaskan, beberapa aplikasi yang sangat cocok yang mesti digunakan oleh sekolah pada masa pandemi Covid-19 demi keberlangsungan proses pembelajaran itu sendiri.

Hadir juga dalam kegiatan meeting online, diantaranya, Kabid Dikdas, John Ukat.

Kabid Dikdas, John Ukat menegaskan kembali apa yang telah diarahkan oleh Bapak Kadis Pendidikan Flotim, bahwa para Guru harus berjuang menggunakan metode dan program yang ditawarkan oleh IGI Flotim. Teknisnya, akan selalu berkoordinasi dengan IGI Flotim untuk terus memperkenalkan program Webinar Edukasi ke sekolah-sekolah di pelosok Flotim.

“Ini program bagus dan berkualitas demi kemajuan Pendidikan, para Guru dan para Peserta Didik dalam pembelajaran daring”, kata Kabid Dikdas, John Ukat.

Dirangkum laporan pandangan mata kegiatan, nampak para peserta meeting online yang digagas IGI Flotim cukup antusias mengikuti sesi diskusi dan dialog interaktif online yang dimoderatori oleh Guru SMA Negeri 1 Larantuka, Silvester Witin.

Antusiasme para Kepala Sekolah terlihat jelas saat menyambut rangkaian kegiatan serta menyetujui Program Webinar Edukasi yang ditawari IGI Flotim.

Dialog interaktif online dengan Kadis Pendidikan Flotim menghasilkan pemahaman dan klarifikasi yang baik, serta  bermanfaat untuk mengatasi situasi pembelajaran masa Covid-19.

Kepala Sekolah SMPN 2 Larantuka, Bapak Agustinus Hajon dan Kasek SMPN Lewolema, Piter Kedang, Kasek SMPN 1 Wulanggitang dan semua Kepala Sekolah yang mengikuti diskusi, menyatakan nenyambut baik program yang ditawarkan IGI.

Lebih lanjut, tindak lanjut praktis dan teknis program menyusul dalam waktu yang dekat. Prinsipnya, apapun program, yang berkaitan dengan peningkatan pembelajaran siswa, khusus masa Covid-19, diterima dengan senang hati.

Kegiatan sosialisasi webinar edukasi pembelajaran online berlangsung alot dalam diskusi dan dialog interaktif sekitar dua jam lebih.

Dikutip arahan penutup, Kadis Pendidikan Flotim menegaskan para Kepsek segera menindaklanjuti program webinar edukasi yang ditawarkan IGI Flotim, demi keberlanjutan dan keberlangsungan pendidikan di tengah situasi wabah Covid-19.

Kadis Pendidikan Flotim mengajak para guru tetap optimis dan tetap berjuang demi anak didik ditengah wabah yang menantang.

Sementaraitu, moderator mengakhiri diskusi dan dialog interaktif dengan mengutip kata-kata bijak, tempora mutantur et nos mutamur in illis, waktu berubah dan kita pun mesti turut berubah di dalamnya.

“Dunia pun terus berubah, kita pun turut berubah di dalamnya. Para guru juga mesti beradaptasi dalam dunia yang kian berubah”, kata Sekretaris IGI Kabupaten Flores Timur,  Guru Fisika SMPK Sanctissima Trinitas Hokeng, yang juga sangat mahir menguasai aplikasi pembelajaran yang ditawarkan IGI dalam Webinar Edukasi ini, Damsyl Tukan.

Guru, kata dia, harus menguasai teknologi.

IGI Flotim selalu siap melayani dan selalu ada bersama para guru*.

SW│HH│Red