TNI Peduli Inflasi, Para Babinsa Kodim 1604 Kupang NTT Semaikan Bibit

LN Focus Indonesia News │ Pembudayaan Tanaman Hortikultura Hari ke-dua berlangsung di lahan milik Gestianus Sino Jalan Nome Laktosi Desa Penfui Timur, RT.023/RW.007, Kecamatan Kupang Tengah, Kabupaten Kupang, Selasa (21-04-2020).

Rilis Pendim 1604 Kupang Nusa Tenggara Timur, turut hadir dalam kegiatan ini, Dandim 1604 Kupang, Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P., Danramil 1604-01/Kupang Mayor Inf Harjito, S.Pd, Pengembangan UMKM Bank Indonesia (BI) Yos Boli Sura beserta Anggota Babinsa Kodim 1604 Kupang perwakilan Koramil jajaran sebanyak 30 orang.

Pelaksanaan hari-kedua ini dibuka oleh Koordinator Lapangan Danramil 1604-01 Kupang, Mayor Inf Harjito, S.Pd, dilanjutkan penyampaian dari Gestianus Sino sebagai pendamping.

“Mungkin para Babinsa sudah sering melaksanakan pembudayaan seperti ini.. Tanaman Hortikultura adalah tanaman yang berbasis budidaya kebun. Tapi, seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan, saat ini tanaman hortikultura tak hanya lingkup tanaman kebun saja. Tanaman Hortikultura juga sudah masuk dalam dunia pembibitan, perbenihan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, serta aspek-aspek lainnya yang menyangkut tanaman dengan budidaya kebun,” ungkap Gestianus Sino.

Kegiatan dimulai sekitar pukul 08.44 wita, dimulai dengan praktek penyiapan bahan-bahan berupa pupuk kandang, bibit, papan terai, plastik pengolahan tanah dan dilanjutkan bagaimana cara penyemaian cabe oleh Gestianus Sino.

Dandim 1604 Kupang, Kolonel Arh I Made Kusuma Dhyana Graha, S.I.P menyampaikan tanaman sayur dibutuhkan oleh setiap masyarakat untuk konsumsi sehari-hari menemani nasi sebagai makanan pokok.

“Apalagi saat sekarang dimana wabah Covid-19 sudah menjalar ke Indonesia, dimana mengancam ketahanan pangan. Untuk dari itu, kita TNI khususnya Kodim 1604/Kupang membuat program “TNI Peduli Inflasi” dengan bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dengan melaksanakan pembudayaan tanaman hortikultura sehingga dapat memenuhi kebutuhan gizi dari lingkungan sendiri,” ujarnya.

Kebutuhan akan sayur mayur semakin meningkat seiring dengan pertambahan jumlah penduduk. Karena itu tentu saja bisa dibayangkan, berapa banyak sayuran yang perlu dipanen setiap hari untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Jenis-jenis sayuran yang setiap hari dibutuhkan antara lain : kangkung, bayam, kubis, kacang-kacangan, sawi, dan lain-lain. Tetapi untuk pertama kali, kita akan mencoba dengan menanam cabai terlebih dahulu. Setelah sukses, tidak menutup kemungkinan akan menambah jenis sayuran lainnya,” terang Dandim.

Pendim1604 Kupang │ Red