Pemerintah Daerah Lumajang Intens Sadarkan Warga Pakai Masker

LN Focus Indonesia News │Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, melalui Wakil Bupati, Ir. Indah Amperawati, M. Si semakin intensif menyadarkan warga masyarakat agar mengenakan masker di tengah wabah Covid-19.

Pemda Lumajang juga mengharuskan warga jika keluar rumah wajib kenakan masker mengingat semakin meluasnya penyebaran COVID-19. warga juga diminta menjaga jarak dengan warga lain, mencuci tangan pakai sabun dan tidak berkerumun atau tidak berjama’ah.

Rangkuman media ini, Pemkab Lumajang mengharuskan warganya mengenakan masker, jika terpaksa keluar rumah. Hal itu, disampaikan Wakil Bupati Lumajang, Ir. Indah Amperawati, M. Si., saat sosialisasi Peraturan Bupati Lumajang Nomor 16 Tahun 2020 tentang Pencegahan dan Percepatan Penanganan Corona Virus Desease (COVID-19) di Kawasan Simpang Empat Tugu Adipura, Sabtu (18/04/2010).

Pada kesempatan itu, Pemerintah Kabupaten Lumajang juga membagikan ratusan masker secara gratis kepada masyarakat yang melintas di kawasan tersebut tanpa mengenakan masker.

Wabup mengingatkan kepada pengendara yang tidak memakai masker, untuk mengenakannya, demi menjaga diri dan orang lain dari penyebaran COVID-19. “Salah satu poin Perbup ini mewajibkan pemakaian masker, ketika beraktifitas di luar rumah,” jelasnya. Lebih jauh dijelaskan, bahwa dalam kurun waktu 4 hari ini Pemkab Lumajang terus menyosialisasikan Perbup tersebut.

Sosialisasi itu, dilakukan Dinas Perhubungan, Satpol PP dan didukung Satlantas Polres Lumajang. Maksud sosialisasi Perbup, adalah mengingatkan warga masyarakat tentang kewajiban memakai masker. Bunda Indah menjelaskan, bahwa kewajiban memakai masker ketika melakukan aktifitas di luar rumah itu, untuk melindungi diri, keluarga, dan orang lain dari penyebaran Covid-19.

Pemkab Lumajang melakukan sosialisasi mulai Rabu (15/04/2020) dan berlangsung selama empat hari.

Dikatakannya, Perbup tersebut mulai diberlakukan secara bertahap dengan menetapkan Kawasan Wajib Pakai Masker mulai Senin, (20/04/2020).

“Seluruh wilayah Kabupaten Lumajang wajib memakai masker, tua muda, kecil besar semua harus memakai masker. Ini demi diri sendiri dan orang lain,” tutur Bunda Indah.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Perhubungan, Nugraha Yudha menjelaskan, bahwa pemberlakuan Kawasan Wajib Pakai Masker, masih terbatas di sekitar perkotaan dan kemudian akan diperluas di beberapa titik di kecamatan Zona Merah. Pada tahap awal, Kawasan Wajib Pakai Masker di seputar Alun – Alun, Jl. Kyai Ilyas, Jl. PB. Sudirman dan depan Pasar Baru.

Dipilihnya kawasan tersebut, karena kawasan itu sangat intens sebagai tempat berkerumunnya warga masyarakat. Menurutnya, Kawasan Wajib Pakai Masker akan diperluas di beberapa titik wilayah Kecamatan yang termasuk kategori zona merah*.   

Foto berita : kegiatan, Wabup Lumajang, Bunda Indah.

Tofik │Red