Pemda Lumajang Jatim Tertibkan Koperasi Yang Melanggar Aturan

LN Focus Indonesia News │Pemerintah Daerah Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, menertibkan Koperasi yang tidak menerapkan Kaidah sesuai Undang-undang Perkoperasian dengan melakukan inspeksi mendadak oleh Bupati Lumajang, Thoriqul Haq M.ML ke sejumlah Koperasi, Senin, (20/4/2020).

Menurut Bupati Thoriqul Haq M.ML, sedikitnya 11 (Sebelas) Koperasi ditemukan tidak menjalankan aturan dan terindikasi melanggar Undang-undang.

“Tidak sesuai dengan aturan, tidak memiliki ijin cabang pembantu, bahkan ada yang tidak memiliki ijin sama sekali, tidak pernah mengadakan rapat anggota tahunan (RAT), serta tidak mempunyai daftar anggota Koperasi, ini yang akan kami tertibkan”, tegas Bupati, Thoriqul Haq M.ML

Padahal apabila tiga tahun berturut-turut tidak melaporkan RAT ke Dinas Koperasi dan Usaha Mikro kabupaten/Kota akan diberikan sangsi berupa pembubaran dan pencabutan ijin.

“Pilihannya dua, peringatan ketiga sekaligus warning atau langsung ditutup” tegas Bupati yang biasa disapa Cak Thoriq.

Bupati Lumajang, Thoriqul Haq M.ML mengajak masyarakat memberantas rentenir di Lumajang.

Selainitu, di instruksikan kepada Kepala Desa agar menindak para rentenir berkedok Koperasi yang melakukan kegiatan Peminjaman Uang di Desa-Desa yang tidak sesuai sengan aturan.

“Saya minta masyarakat bersama Pemerintah memberantas praktek-praktek rentenir, yang berkedok Bank Titil, Bank harian, Bank mingguan. Juga saya minta kepada semua Kepala Desa untuk mengawasi praktek-praktek oknum tersebut yang sering keliling di Desa-Desa”, tutup Bupati Thoriqul Haq M.ML.

Tofik │Red