Pembukaan Musrenbang, Bupati Flotim Tekankan Evaluasi Dan Komitmen Perubahan

LN Focus Indonesia News │Pembukaan Musrenbang Kabupaten Flores Timur (Flotim, Jumad 17 – 18 April 2020), Provinsi Nusa Tenggara Timur, menoreh sejumlah catatan penting dari sambutan resmi Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST.

Dikutip redaksi media ini dari Master Video Conference, Kantor BP4D Flores Timur, Bupati Flores Timur, Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST kembali mengingatkan seluruh perangkat kerja daerah untuk memprioritaskan kinerja pembangunan Kabupaten Flotim dalam sejumlah kerangka peningkatan vital, diantaranya  kinerja peningkatan Sumber Daya Manusia, kinerja penanganan masalah Kemiskinan dan Stunting, kinerja Infrastruktur dan Lingkungan Hidup, kinerja Perekonomian Masyarakat dan Reformasi Birokrasi.

Bupati Flotim, Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST mengajak seluruh stake holder Pemerintah Daerah untuk membangun komunikasi yang lebih terbuka, profesional dan lebih terukur, agar mampu menghasilkan usulan-usulan rencana pembangunan yang aspiratif, obyektif, rasional dan jelas lokasinya.

Apabila ini dilakukan dengan penuh kesadaran dalam  misi pelayanan bagi masyarakat, nusa dan bangsa, tegas Bupati Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST, maka tidak ada lagi kegiatan yang masih mencari sasaran dan lokasi setelah anggaran ditetapkan.

“Saya temukan ketika sudah menetapkan program kegiatan dan anggaran, kita tidak lihat apa yang sudah kita capai. Kita hanya berpikir program kegiatan dilaksanakan, namun apa yang mau dicapai, itu tidak menjadi bagian utama. Dari sejumlah catatan pengalaman, saya tegaskan Pimpinan OPD wajib mengerti atas apa yang diajukan dan apa yang direncanakan. Sejumlah kondis harus segera diperbaiki”, urai Bupati, Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST.

Bupati Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST juga memesan seluruh Pimpinan OPD harus lebih memahami dan harus lebih hebat dari Sunpro.

Melalui sambutannya, Bupati Flotim Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST juga mengapresiasi atas berbagai hasil dan prestasi yang telah dicapai bersama, sambil menegaskan kekurangan yang harus terus dievaluasi secara lebih kritis, terukur dan obyektif guna dilakukannya perbaikan demi perbaikan internal dalam meningkatkan kualitas pelayanan prima dari Pemerintah Daerah Kabupaten Flotim.

Dikutip redaksi media ini, terkait Pengelolaan Keuangan Daerah, Kabupaten Flores Timur mencetak predikat WDP dalam lima tahun terakir dari BPK, namun menurut Bupati Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST, hal ini harus ditingkatkan terus untuk dapat memperoleh predikat WTP.

Sementara pada sektor lainnya, diungkapkan, Pertumbuhan Ekonomi Kabupaten Flores Timur Tahun 2017 sebesar 4,47%, dan mengalami peningkatan menjadi 4,83% pada tahun 2018.  

Indeks Pembangunan Manusia Kabupaten Flores Timur Tahun 2017 sebesar 62,89%, mengalami peningkatan menjadi 63,55% pada Tahun 2018.

Begitu juga Angka Kemiskinan di Kabupaten Flores Timur, pada Tahun 2018 sebesar  11,05%, mengalami penurunan menjadi 10,09% pada Tahun 2019.

“Masih banyak hal yang harus dikerjakan dalam bingkai Desa Membangun, Kota Menata sebagai cita-cita Kabupaten Flores Timur. Setiap pimpinan Perangkat Daerah harus melakukan evaluasi penuh terhadap setiap program dan setiap kegiatan yang telah dilaksanakan dan akan dilaksanakan, agar secara obyektif dapat mengetahui apa yang telah dicapai dan apa yang akan dicapai masa berikutnya”, tegas Bupati Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST.

Lebih lanjut, Bupati Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST menekankan komitmen bersama untuk menciptakan kualitas kinerja pelayanan publik secara lebih meningkat dalam kerangka mewujudkan berbagai pengentasan dan percepatan pemajuan Kabupaten Flotim.

Catatan Redaksi, Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST, lahir di Larantuka, Kabupaten Flores Timur, Tanggal 133 Juni 1971 adalah Bupati Flores Timur disingkat Flotim, Bupati ke-12. Pria berdarah Waibalun ini lahir dari pasangan Lambertus Tulen Hadjon dan Maria Getrudis Letor. Terpilih menjadi Bupati Flotim berpasangan dengan Agustinus Payong Boli, SH dalam Pemilihan Kepala Daerah serentak tanggal 15 Februari 2017.

Pasangan ini diusung Partai Gerindra, PDI Perjuangan dan PAN, meraih 32.947 Suara atau 27,10 persen dari total suara sah sebanyak 121,537 dan mengungguli lima pasangan calon lainnya.

Antonius Hubertus Gege Hadjon, ST dan Agustinus Payong Boli, SH dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Flores Timur periode 2017 – 2022 pada tanggal 22 Mei 2017 di Aula El Tari Kantor Gubernur Nusa Tenggara Timur di Kupang. Pelantikan dipimpin oleh Gubernur NTT pada masa itu, Frans Lebu Raya*.

Tim │Red – HH│