Megengan Masa Pandemi Covid-19 Pasar Senduro Lumajang Sedikit Sepih

LN Focus Focus Indonesia News │ Aktivitas Masyarakat di Pasar Besar Senduro Kabupaten Lumajang berjalan normal. Pantauan media ini, sejak Kamis tanggal 23 April 2020, aktivitas Pasar agak ramai pengunjung, akibat datangnya bulan suci Ramadhan.

Dalam Tradisi Umat Muslim, jelang Ramadhan disebut dengan istilah Megengan atau premanan.

Biasanya, kondisi seperti ini merupakan kesempatan dimana ramai-ramainya pembeli untuk persiapan kebutuhan ritual Keagamaan, namun untuk tahun ini nampak agak kurang pengunjung akibat wabah Corona.

Seorang Penjual Sayuran, Akhmad yang setiap hari mengais rejeki di Pasar Senduro, mengungkapkan kondisi Pasar tidak seperti biasa atau sedikit sepih dari biasanya.

Pantauan Jurnalis media ini di Kios Penjualan Daging Sapi, kelihatan Pasar agak sepih, mungkin akibat tingkat daya beli masyarakat yang agak menurun, sementara harga daging sapi sekarang dalam kisaran Rp.100.000 sampai Rp.114.000 per kilogramnya. Sedangkan untuk harga daging ayam Rp.26.000,- per kilogramnya.

Pantauan lainnya, banyak Pengunjung Pasar yang sudah memakai masker, tetapi juga masih ada yang belum, mungkin karena belum mengerti aturan yang di anjurkan tentang kewajiban memakai masker oleh Bupati Lumajang.

“Darurat penyebaran Covid-19 yang melanda negeri ini dan dunia menyebabkan banyak warga masyarakat yang terdampak, khususnya kalangan masyarakat kelas menengah ke bawah”, kata Kangsan dari MP3 atau Masyarakat Peduli Pendidikan dan Pariwisata.

Dia memesan masyarakat segera mematuhi aturan protokol kesehatan pencegahan Covid-19, agar situasi darurat secepatnya selesai dan masyarakat dapat kembali beraktifitas secara normal.

Masker ku Melindungi mu, Masker mu Melindungi ku. Kesadaran ku, Menyelamatkan mu.  Kesadaran mu, Menyelamatkan ku.

Tofik │ Red