Guru SDN Boanawa I Ende Berbagi Ceritera Tantangan Guru Dalam Wabah Corona

LN Focus Indonesia News │Wabah Covid-19 Coronavirus yang melanda dunia dan semua daerah di Indonesia telah mengakibatkan perubahan sejumlah keputusan Dalam Negeri, tanpa terkecuali pada sektor Pendidikan.

Kepada Tim Media ini (23/4/2020) salah satu Guru SDN Boanawa I di Kabupaten Ende Flores, Ibu Maria Gorety Lami menuturkan sejumlah catatan tantangan Guru Sekolah pada saat seluruh siswa diliburkan untuk Belajar dari Rumah.

Dokumen Foto SDN Bonawa I Ende

Berikut kutipan Ceritera, dirangkum tim Media ini.

Pertama, tentang Belajar Dari Rumah. Kebijakan ini sangat tepat, karena Bangsa ini sudah dinyatakan Waspada Darurat Corona. Kerumunan siswa-siswi di Sekolah, dengan masing-masing karakter mereka, tidak bisa kita bendung jika tidak menempatkan mereka untuk sementara waktu Belajar dari Rumah.

Kedua, para Siswa belajar dari rumah, itu bukan kandala bagi kami Guru. Guru atau Dunia Pendidikan selalu mempunyai cara yang tepat untuk terus berkarya mendidik manusia. Kebijakan Pendidikan Nasional dan juga penjabaran di daerah sudah sangat baik, dimana kami Guru menyiapkan materi belajar dalam beragam versi dan metode untuk tetap membimbing para siswa-siswi kami belajar dari rumah, mengerjakan pekerjaan rumah, mengisi soal-soal mata pelajaran, membuat tugas rangkuman, tugas membuat karya bahasa karangan para pelajar dan lain-lain. Guru selalu mempunya cara untuk membekali anak didik dengan pengetahuan.

Belajar Online, itu juga bentuk kebijakan yang sangat baik. Namun kita semua sadar, itu hanya berlaku bagi siswa dengan kategori daya dukung fasilitas di rumah-rumah mereka yang sudah memadai. Sebab untuk siswa-siswi di daerah pelosok, itu tidak bisa diterapkan, karena jangankan untuk online, masih banyak daerah belum terpasok listrik. Artinya, televisi pun masih barang langka. Maka itulah yang kami Guru sebut bahwa Guru selalu punya cara untuk mendidik siswa-siswi, termasuk bagi para Guru yang ada di daerah pelosok.

Ibu Guru Maria Gorety Lami

“Harapan dan pesan saya kepada para anak didik yang berada di rumah-rumah, ikutilah setiap arahan, perintah negara melalui aturan untuk bisa mengatasi wabah corona. Jangan karena merasa bebas lalu berkeluyuran di luar rumah. Tetap lah berada di dalam rumah, jadilah contoh bagi keluarga dengan menerapkan hidup sehat, kerjakan semua tugas rumah yang diberikan oleh sekolah dan jadilah anak-anak yang berbakti kepada bangsa dan negara, itu bakti pendidikan yang harus lahir mulai usia dini”, tutup Ibu Guru SDN Boanawa I Kabupaten Ende, Maria Gorety Lami.*

Tim │Red