Desa Yosowilangun lor Kabupaten Lumajang Dirikan Dapur Umum Siaga Covid-19

LN Focus Indonesia News │Bentuk partisipatif masyarakat dalam gerakan melawan Covid-19 di Desa Yosowilangun lor, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur terus digelar dari waktu ke waktu, termasuk mendirikan Dapur Umum yang diperuntukan bagi warga setempat atas dampak wabah Corona.

Patauan Koresponden media ini (13/4), selainitu partisipasi warga juga dalam bentuk memberi sumbangan berupa bahan makan, tenaga masak, buah-buahan dan pendistribusian kepada penerima manfaat.

“Ini merupakan teposliro, sambung rasa agar Orang Dengan Resiko (ODR) tetap punya semangat untuk mengisolasi diri dalam rumah demi dapat terhindar dari penyebaran virus Corona. Pemberian makanan ini juga meningkatkan kualitas gizi untuk menjaga imunitas dan kesehatan warga dalam menghadapi wabah virus ini”, urai Pemerintah Kecamatan dan PemDesa setempat.

Sasaran penerima manfaat dalam wujud partisipasi ini adalah warga yang rentan terdampak wabah Covid, Lansia dan para Dhuafa.

Berdasarkan rangkuman data lapangan, setiap harinya Dapur gotong-royong ini menyediakan 150 paket nasi yang diperuntukan bagi 150 jiwa, Warga Desa Yosowilangun Lor, dengan semboyan dapur umum manunggaling roso, sambung roso, sambung urip ben tetep urup, yang berarti Menyatukan rasa, sambung rasa, kelangsungan hidup supaya tetap semangat)*.
Koresponden Tofik │Red