Covid-19, Kades Nita Kabupaten Sikka : Terimakasih Pers Sangat Menolong

LN Focus Indonesia News │Kepala Desa Nita, Kabupaten Sikka, Flores, Provinsi NTT, Antonius Luju atau biasa disapa Kades Hans kepada wartawan media ini di Nita, Maumere (20/4/2020) mengungkapkan peran Pers, baik tingkat nasional maupun daerah-daerah, sangat berperan menolong banyak orang, termasuk menyadarkan pemahaman semua kalangan atas Covid-19 Coronavirus serta berbagai pesan upaya tangkal waspada dan masukan langkah kebijakan di tengah wabah Corona.   

SayaselakuKepala Desa dengan empat ribu warga Nita merasa sangat dibantu oleh peran Media atau Pers dalam menyadarkan masyarakat kita yang pada awalnya tidak terlalu menyadari bahaya Corona dan bebas berkeliaran seperti biasa, tetapi dengan membaca berita, menontong televisi yang terus menerus disajikan, banyak pihak mulai mengetahui bahwa kita semua sedang terancam oleh badai ini. Selainitu juga bantuan tentang berbagai informasi kebijakan mulai dari tingkat pusat maupun  daerah-daerah, itu semua sangat membantu kami masyarakat pada tingkat terbawa”,ungkap Kades Nita, Antonius Luju.

Desa Nita, lanjut dia, sudah menggalang berbagai kekuatan lokal dalam mengatasi wabah Corona. Di setiap Dusun pun sudah dikondisikan Pos-Pos Covid-19 yang direkrut dari warga dalam format Satlinmas Covid-19 bersama relawan dan ditempatkan pada setiap Pos secara bergantian. Selainitu Desa Nita juga menggelar penyemprotan disinfektan ke berbagai titik kerumunan dan pemukiman masyarakat sesuai protap yang diterima. Untuk masker, tambah dia, selain mendapat sedikit bantuan masker, Desa Nita menggerakan kerajinan lokal menjahit masker dari bahan kain lokal dan sudah mulai diberikan kepada masyarakat setempat.

Kades Nita menghimbau seluruh warga Desa setempat mengikuti setiap himbauan dan aturan yang diterapkan demi keselamatan bersama.

Kades Nita juga menitip harapan kepada Pemerintah tingkatan teratas untuk percepatan distribusi bantuan ke tingkatan terbawa. Dan kepada Pemda Sikka, menurut dia, perlu ditingkatkan pengawasan dan perketat semua poros pintu masuk laut, darat, udara serta menekan keramaian perkotaan dan toko-toko yang menurut dia masih nampak terlalu bebas di tengah wabah masif Covid-19 Coronavirus*.  

Keterangan Foto : Kades Nita, Antonius Luju

Noven │Red