Corona, Warga Jatiroto, Bu Nining Alih Usaha Siap Antar Pesanan Kue Online

LN Focus Indoensia News │ Pandemi Covid-19 Corona berdampak pada mukti aspek ekonomi masyarakat. Dari usaha kecil sampai perusahaan besar besar juga merumahkan karyawan, tanpa terkecuali masyarakat di pedesaan. Seleksi alam berlaku bagi kehidupan. Bahwa manusia harus pandai-pandai membaca situasi.

Rangkuman perjalanan lapangan Jurnalis media ini di Kabupaten Lumajang Provinsi Jawa Timur berhasil menyambangi Ibu Nining, Warga Desa Jatiroto Kecamatan Jatiroto, Kabupaten Lumajang.

Semenjak suaminya pensiun dari Pabrik Gula Jatiroto, Bu Nining membuka Usaha Katering. Kalau pensiunan Pabrik Gula gajinya sangat minim, tidak sama dengan pensiunan PNS. Jadi, kalau dihitung, sejak pensiun suaminya, sekitar 10 tahun menjalani usaha ekonomi, belakangan sejak adanya wabah Corona, usahanya terkena imbas.

Bu Nining mengalami penurunan pendapatan sangat dratis, turun hingga 90 %, karena tidak ada lagi kegiatan pertemuan-lertemuan, maupun rapat yang selama ini selalu pengguna jasa kateringnya.

Bu Nining adalah salah satu dari foto warga di negeri ini yang mengalami penurunan dratis pendapatan ekonomi di tengah wabah Corona. Namun, kisah Bu Nining tidak berakhir pada kejatuhannya.

Bu Ning tidak menyerah begitu saja. Dengan modal pengalaman dalam dunia masak-memasak yang cukup lama, Bu Ning memutuskan alih usaha di tengah pandemi corona.

Rangkuman wartawan media ini saat bertandang ke rumah Bu Ning (28/4/2020) di Bilangan Perumnas Jatiroto Permai, Bu Ning panggilan akrabnya bercerita tentang liku-liku usahanya.

Dengan banting stir berganti haluan membuat kue-kue kering, yang kebetulan juga untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri, Alhamdulillah usaha Bu Ning cepat dikenal oleh masyarakat, bahkan bisa mempekerjakan karyawan.

Diawali pemasaran online, ternyata banyak peminat, sehingga bisa juga memberdayakan karyawan sebagai kurir antar pesanan, juga ada yang datang dengan pesanan yang dijual lagi. Jenis produk-produk yang dihasilkan antara lain; Gream Kacang, Nastar, Cantengel, Sagu Susu, Good time, Putri Salju dll.

Meski sayang, karena puasa, wartawan dan crew media ini tidak bisa mencoba testernya. Tetapi dengan puasa, ada energy hebat yang diwartakan oleh Bu Ning dalam berbagi pesan kepada sesama, termasuk melayani kebutuhan konsumen berbagai jenis kue di tengah wabah, maupun menuju Hari Raya.

Jangan lupa, wujudkan peduli ekonomi mikro keluarga masyarakat dengan cara memesan Gream Kacang, Nastar, Cantengel, Sagu Susu, Good time, Putri Salju, produk Jatiroto Kabupaten Lumajang, Bu Ning.

Tofik │Red