Virus Corona dan Murka Allah

Keluaran 32:7-14
Yoh 5 : 31 – 47

Kepercayaan dan kekuatan doa Musa mengubah rencana kemurkaan Allah kepada Israel yang tidak mengikuti hukum serta tidak lagi percaya kepadaNya. Dialog Musa dan Tuhan adalah dialog cinta antara Tuhan dan pengantara Allah.

Setiap Nabi adalah perpanjangan tangan Tuhan. Ia memimpin umat pilihan Allah dengan semua yang ditunjukkan pada Allah. Tetap saja manusia kadang tidak yakin dan percaya karena ketidaksabaran, karena kesombongan, karena ingin melebihi Tuhan, karena percaya akan kepintaraan diri serta apa yang dibuatnya.

Inilah kerapuhan manusia yang kadang tidak mengakui kemahakuasaan dan keajaiban Tuhan. Kematian karena corona virus bagiku adalah bukti bahwa kepintaran manusia, kecanggihan teknologi buatan manusia tidak mampu mengalahkan kemahakuasaan Allah. Allah menuntut kita untuk rendah hati mengakui dan percaya bahwa Dia, Tuhan adalah Pencipta langit dan bumi serta segala isinya termasuk manusia.

Karena itu, penyebaran virus corona yang mematikan ribuan manusia di dunia adalah sinyal peringatan Allah, sinyal murka Allah bagi kita umatNya yang tidak lagi percaya kepadaNya.

Marilah di masa Prapaska ini, kita berbenah diri, kita bertanya pada diri sendiri, sejauh mana kepintaran dan kemampuanku mengantarku semakin percaya dan mencintai Tuhan penciptaku??. Ataukah aku hanya percaya pada diriku sendiri?? Dan Tuhan kuabaikan??

Kamis, 26 Maret 2020
Pe. Rikardus Pasang, SVD