Terkait HOKI, Ketua Nasdem Ngada Jawab Konfirmasi Pers

LN Focus Indonesia News – Ketua Partai Nasdem Kabupaten Ngada, Yosef Bei menjawab konfirmasi Redaksi LN Focus Indonesia News – Larantuka.Com (8/3) atas kehadirannya di Kampung Beja, Langa Kecamatan Bajawa, sebagaimana  diberitakan, memberikan sambutan singkat dari podium tatap muka Bapaslon Helmut Waso – Kornelis Soi, atau Bapaslon HOKI, menuju Pemilukada Ngada Tahun 2020.  

Dikabarkan sebelumnya, Sebuah Video beredar, diduga kuat wajah dan suara Ketua Partai Nasdem Kabupaten Ngada, Yosef Bei, meneriakan HOKI, HOKI, HOKI, atau sebagaimana tayangan video amatir dalam rangkuman berita Minggu (8/3/2020).

Baca berita terkait : https://larantuka.com/2020/03/diduga-video-ketua-nasdem-ngada-sebut-hoki-hoki-hoki/

Menjawab kebenaran isi rekaman video amatir beredar, diduga video asli, atau video rekayasa, yang berisikan tayangan Ketua Partai Nasdem Kabupaten Ngada, Yosef Bei, meneriakan HOKI, menurut Yosef Bei, isi tayangan video tersebut belum ditonton. Tetapi, dia membenarkan kehadirannya pada acara tatap muka Bapaslon HOKI di Langa, Minggu 8 Maret 2020.

Berikut petikan keterangan Ketua Partai Nasdem Kabupaten Ngada, Yosef Bei atas konfirmasi redaksi media ini (8/3/2020).

Hallo Rekan Redaksi Berita. Memang saya belum menonton video tersebut, kegiatan di Langa, itu benar. Penjelasannya seperti ini, bahwa saya menyampaikan itu mengacu proses yang sudah terjadi selama ini, sejak beberapa bulan lalu Nasdem Ngada hanya mendorong HOKI. Sebenarnya, Partai Nasdem tidak membuka pendaftaran. Instrumen demikian selaras dengan instrumen DPW Nasdem. Kami tidak membuka pendaftaran, namun melalui instrumen kesepakatan bersama. Nah, dengan itu, kemudian kita mendorong Bapaslon HOKI. Untuk publik ketahui, bahwa terkait legal SK Dukungan untuk dijadikan acuan, memang belum ada. Apakah finalnya nanti HOKI, atau kah jika terjadi dinamika lain, kita semua mengikuti irama itu. Pada prinsipnya, organisasi Parpol mengikuti azas keputusan terakir dari tingkatan teratas.

Benar saya hadir di Langa, Desa Beja dalam kegiatan tatap muka yang diberitakan. Namun, sebenarnya saya ke Langa dalam rangka Rapat dengan para Pengurus Ranting Partai Nasdem di sana. Nah, bertepatan dengan itu, ada kegiatan tatap muka Bapaslon HOKI oleh Relawan HOKI di Langa. Saya diminta kesediaan untuk ikut berbicara, maka saya menjawab undangan itu dengan mempertimbangkan berbagai aspek, atau sebagaimana yang saya jelaskan diatas. Lalu saya tampil sebagai salah satu pembicara dalam acara tatap muka HOKI di Langa. Inilah sebenarnya yang terjadi dan perlu saya jelaskan kepada para media atau kepada mitra Pers terkait HOKI dalam kegiatan di Langa, Kecamatan Bajawa, Kabupaten Ngada.

Demikian petikan jawaban Ketua Partai Nasdem Ngada, Yosef Bei kepada redaksi media ini (8/3).

Lebih lanjut, Ketua Partai Nasdem Ngada, Yosef Bei juga mengakui, mekanisme dan dinamika Partai Politik dalam percaturan SK Keputusan Final Pasangan Calon masih terus berjalan, dan sikap semua Organisasi Parpol di tingkat Kabupaten adalah mengacu kepada keputusan terakir yang diturunkan dari tingkatan teratas atau nantinya dari tingkat pusat.

Oleh sebab itu, lanjut dia, Partai Nasdem Kabupaten Ngada tidak mengatakan bahwa saat ini Nasdem sudah menurunkan palu final dukungan SK kepada Bapaslon.

Yosef Bei menegaskan, hanya Bapaslon HOKI yang sejak awal diketahui oleh Partai Nasdem Ngada dan telah bersama dalam berbagai instrumen internal Nasdem. Itu diperkuat dengan adanya instrumen dari DPW Nasdem.

Terkait SK akir untuk dijadikan rujukan bersama, tambah Ketua Nasdem Ngada, itu merupakan kewenangan para pihak teratas Partai Nasdem, dan jika pun terjadi gonjang ganjing pada keputusan akir, dalam hal ini misalnya terjadi perubahan, maka secara organisatoris, Nasdem Ngada menjunjung setiap keputusan tertinggi, sebab berparpol sama dengan taat azas. (Tim/Red)