Renungan : Berbahagialah Orang Yang Menaruh Kepercayaan Pada Tuhan

P. Chris Surinono, OCD

“Berbahagialah orang yang menaruh kepercayaannya pada Tuhan”.

Kadang kita sulit mengerti keadilan Tuhan. Memang Tuhan itu adil dan bijaksana. Tetapi akan sulit dimengerti tanpa iman.

Kita melihat banyak hal tidak adil terjadi, tapi Tuhan seakan diam seribu bahasa. Orang yang tekun, malah miskin, sedangkan orang malas, malah sukses karirnya. Atau ada banyak penderitaan dan sakit, tapi Tuhan seakan tak sanggup bertindak membela mereka, dll.

Hari ini, dalam Injil (Lukas 16: 19-31), kita dengar kisah tentang Lazarus dan orang kaya. Keduanya meninggal.

Lazarus ke pangkuan Abraham, sedangkan si kaya ke neraka. Inilah kedilan Tuhan. Ia berbuat adil, bukan karena Lazarus itu miskin dan si kaya itu kaya, tetapi, karena tidak berbagi apa yang ia dapat dari Tuhan. Sedangkan Lazarus masuk surga bukan karena miskin, tapi kesabaran menanggu penderitaan.

Tuhan tidak melarang orang untuk kaya, dan juga tidak setuju kalau orang hidup miskin dan susah. Yang diperhitungkan Tuhan bukan soal kaya atau miskin, berutung atau tidak, sukses atau gagal, melainkan yang diperhitungan Tuhan adalah ketergerakan hati untuk berbagi dan beramal.

Orang katakan bahwa kelebihan yang anda miliki adalah kepunyaan mereka yang tak berutung. Berbagi adalah hukum ilahi, sehinnga berbagi itu adalah jalan menuju kepada kebahagiaan bukan hanya nanti tapi sekarang dan disini. Tidak ada orang yang jatuh miskin karena berbagi dan tidak ada orang miskin yang tidak bisa berbagi.

Yesus mengajak kita hari ini untuk jangan takut berbagi. Semoga Tuhan selalu menguatkan niat baik kita. Berkat Tuhan Yesus dan doa Bunda Maria menyertai kita hari ini. Salve!

P. Chris Surinono, OCD