Monitoring Program Jatiroro Gunakan Jamban Sehat Sampai Tingkat Desa

Laporan Koresponden Tofik

LN Focus Indonesia News – Sebagai tindak lanjut sejumlah hasil rapat koordinasi Kecamatan Jatiroto, sejumlah kegiatan sudah diagendakan untuk mewujudkan Program Mas Jarot Gak Sehat  atau Program Masyarakat Jatiroro menggunakan jamban sehat.

Laporan Koresponden media ini, pada tanggal 3 Maret 2020 sudah disepakati sejumlah hasil rapat terkait Program Mas Jarot Gak Sehat.

Dikutip redaksi berita (12/3,) tim Open Defacetion Free (ODF) Kecamatan Jatiroto mengadakan kegiatan antara lain : tanggal 10 – 12 Maret, mengadakan Monitor dan Evaluasi ke Desa-Desa di seluruh Kecamatan Jatiroto dengan menginventarisir intervensi Desa untuk  suksesnya program Mas jarot gak Jehat.


Berikut data Intervensi dari masing-masing Desa, yakni Desa Jatiroto 38 jamban, Desa Maliboto Lor 20 jamban, Desa Kaliboto Kidul 32 jamban, Desa Rojopolo 36 jamban, Desa Sukosari 27 jamban, Desa Banyuputih Kidul 100 jamban.

Diuraikan, Tim ODF akan menjndaklanjuti dengan susur sungai untuk meyakinkan bahwa progran bisa berjalan sesuai dengan rencana.


Dikutip media ini (12/3) Camat Jatiroto, Drs Pujianto, menyampaikan bahwa untuk suksesnya program ini maka abdi masyarakat dimulai dari tingkat RT, RW, Perangkat Desa serta Dinas terkait (kesehatan dan PU), bersama-sama peduli terhadap masyarakat.

Camat Jatiroto, Drs Pujianto juga mengatakan perang tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan LSM, harus turut ambil bagian sesuai fungsi masing-masing.

“Membawa misi, jangan ada lagi BAB sembarang tempat. Harapan kami, program ini terus berkesinambungan sehingga masyarakat juga ikut merasakan keberhasilan agenda-agenda pembangunan”, tandas tutup Camat Jatiroto, Drs Pujianto.


Dengan demikia, lanjut Camat Drs Pujianto, pemerataan pembangunan bisa dirasakan rakyat paling bawah sekalipun.

 
Camat Drs Pujianto menghimbau tindak lanjut kegiatan ODF harus di deklarasikan oleh masingmasing Desa. Bahwa Desa yang bersangkutan benar-benar telah terbebas BAB sembarangan, sebab untuk menuju PHBS atau Pola Hidup Bersih dan Sehat, merupakan salah satu variabel Keluarga Sejahtera. (Tofik/Tim/Red)