Ini Instruksi Bupati Merauke Untuk Pencegahan Sebaran Covid-19 Corona

LN Focus Indonesia News │Bupati Kabupaten Merauke, Frederikus Gebze, telah mengeluarkan Instruksi Pencegahan Penyebaran Inveksi Covid-19 Corona di Kabupaten Merauke melalui Surat Edaran Instruksi Nomor I/INST/BUP/MRK/2020.

Instruksi Bupati Merauke diterbitkan pada tanggal 11 Maret 2020.

Rangkuman laporan koresponden media ini (16/3), Bupati Kabupaten Merauke, Frederikus Gebze memerintahkan kepada Kepala Dinas Kesehatan, Direktur RSUD Merauke beserta jajaran dan para Kepala Pusat Kesehatan Masyarakat Kabupaten Merauke, para Kepala Distrik dan Lurah, Kepala Otoritas Bandara Wilayah X, Kepala Kantor UPBUKelas I Mopah Merauke, Kepala Kesyahbandaran Pelabuhan dan Kepala Otoritas Pelabuhan, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Merauke dan segenap Masyarakat Merauke untuk melaksanakan seruan Instruksi Kepala Daerah Kabupaten Merauke.

Dikutip redaksi media ini (16/3) isi Instruksi Bupati Merauke yakni meningkatkan pemahaman dan peran serta pencegahan dan penanganan penyebaran inveksi Covid-19 Virus Corona dan menganalisa perkembangan situasi masing-masing wilayah agar mampu menetapkan prioritas terkait pemantauan, penangaan, evaluasi perkembangan Covid-19 Virus Corona.

Selanjutnya, melakukan pengawasan dini terhadap warga masyarakat, secara khusus yang baru melakukan perjalanan dari luar daerah melalui jalur laut, darat dan udara, termasuk kepada warga yang bukan merupakan penduduk setempat yang sedang melakukan perjalanan atau kunjungan lebih dari 1×24 jam. Apabila terdapat gejala demam, sebaiknya dilakukan SWAB Tenggorokan atau Pemerikaan Sputum untuk Pemeriksaan Coranavirus dengan PCR.

Berikutnya, melakukan dan meningkatkan kesadaran pola hidup sehat berupa menjaga kebersihan tangan terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serta instalasi publik dengan cara terlebih dahulu mencuci tangan dengan sabun dan membilas dengan air bersih yang mengalir.

Menghindari kontak dengan orang yang terimveksi saluran pernafasan dan jika merasa kondisi kesehatan terganggu seperti gejala demam dan batuk, khususnya bagi mereka yang baru kembali melakukan perjalanan dari luar daerah, terutama dari negara yang telah ada Transmisi Lokal Covid-19 Virus Corona, agar melakukan pemeriksaan kesehatan pada pusat layanan kesehatan setempat, serta menggunakan masker.

Penggunaan masker wajib dilakukan bagi orang yang sakit. Dan tidak dianjurkan bagi orang sehat dan tidak dianjurkan untuk membeli masker  secara berlebihan.

Terakhir diinstruksikan memberikan edukasi kepada warga masyrakat  tentang Covid-19 Virus Corona dan cara pencegahannya secara reguler, baik secara langsung maupun melalui media massa tentang keseluruhan informasi mulai dari defenisi Covid-19 Virus Corona, sebaran hoax, hingga dampak buruk Covid-19 Virus Corona bagi manusia. │Koresponden│Tim │ Red