Dipanggil kepada Pengosongan Diri

Dipanggil kepada Pengosongan Diri!

Kej 12:1-4
2 Tim 1: 8-10
Mat 17:1-9

Berkat Tuhan tidak akan pernah berhenti dicurahkan kepada kita umatNya. Setiap berkat adalah tanda cinta Tuhan dan penyertaanNya bagi kita. Karena Tuhan tidak berhenti memberkati kita, apa usaha kita agar kita dapat memperoleh berkat itu.

Abraham dalam bacaan hari ini dipanggil untuk meninggalkan segala sesuatu: tanah air, keluarga dan segala sesuatu yang mengikat dirinya agar mendapatkan berkat Tuhan yang dijanjikanNya.

Panggilan Tuhan untuk sebuah berkat adalah sebuah panggilan pengosongan diri, melepaskan diri, meninggalkan sesuatu yang melekat.

Berkat akan diperoleh di masa ini jika kita mampu mendengar panggilan Tuhan, meninggalkan segala sesuatu yang membuat kita tidak bebas untuk mendapatkan berkat itu. Melepaskan kebiasaan dosa yang melekat, meninggalkan perbuatan kita yang salah dan berjalan keluar dari diri adalah proses menuju berkat berlimpah.

Tetapi apakah kita mampu meninggalkannya? Abraham rela dan mampu. Ia menunjukkan teladan bagi kita.

Panggilan pengosongan diri adalah juga panggilan yang mendatangkan hidup, panggilan kudus, untuk mendapatkan kekuatan, kata Santu Paulus. Kita dipanggil untuk bersaksi tentang Injil yang dihayati dan dihidupi. Dan sekali lagi panggilan ini mendatangkan berkat bagi kita.

Petrus, Yakobus dan Yohanes dipanggil oleh Yesus berjalan di atas gunung Tabor. Perjalanan menuju gunung Tabor adalah perjalanan pengosongan diri. Perjalanan sebagai saksi berkat dari Allah yang diberikan Tuhan kepada kita.

Cahaya putih bersinar adalah lambang berkat Tuhan bagi kita di Tabor. Pengosongan diri untuk memperoleh sebuah cahaya bersinar menerangi jalan hidup kita. Berkat itu membuat mereka kuat, berani, untuk mau menjadi saksi cinta Tuhan bagi sesama.

Saat ini adalah saat kita dipanggil Tuhan pada pengosongan diri, saat berjalan ke gunung Tuhan untuk mendapatkan “cahaya bersinar” (berkat) untuk bersaksi tentang cinta dan kebaikan Tuhan!

Abraham, Petrus, Yakobus dan Yohanes telah dipanggil…apakah kita juga akan dipanggil dan kita mau menjawab dan berjalan bersamaNya?? Amen!

Minggu, 8 Maret 2020
Pe. Rikardus Pasang, SVD