Covid 19, Hari Raya Nyepi Di Argosari Cukup Sunyi

Laporan Koresponden Lumajang : Tofik


LN Focus Indonesia News│Tidak seperti biasanya peringatan hari raya Nyepi tahun 2020 dilaksanakan cukup sederhana.

Laporan Koresponden Lumajang, Tofik, biasanya didahului dengan upacara Melasti atau penyucian diri persiapan tapa Brata di Pantai Watu Pecak Desa Selok Awar-Awar Pasirian, namun kali ini, sesuai himbauan Pemerintah, pelaksanaan Melasti dilaksanakan di daerah masing masing, kata Romo Dukun, Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Karioleh.

“Untuk tempat upacara Melasti Umat Hindu Argosari ditempatkan di Patirtan Tunjung Biru, Desa Argosari. Juga mengenai jumlah pengunjung, tidak boleh lebih dari 10 orang, dari  biasanya hampir ratusan orang”, ungkap Karioleh, dikutip koresponden.

Mirip senada dituturkan juga oleh Kepala Sekolah SDN Argosari 01 sebagai tokoh masyarakat setempat, Santoso (kangsan).

“Kegiatan peringatan Hari Raya Nyepi bertepatan dengan semua murid sedang libur, dalam kondisi wabah Covid-19, namun kegiatan siswa yang mayoritas pemeluk Agama Hindu, tetap berjalan lancar sesuai petunjuk protokol pencegahan Covid-19, sebagaimana amanatkan pemerintah”, Santoso.

Dia berharap seluruh siswa, pendidik sekolah dan GTK serta masyarakat Desa Argosari terhindar dan terselamatkan dari wabah covid 19.

Catatan tim redaksi, Perayaan Hari Raya Nyepi dimulai tanggal 24 maret 2020 dan puncak acara di laksanakan pada tanggal 26 Maret 2020 dipusatkan di Pura Mandara Giri Semeru Agung Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Tofik│Tim│Red