Corona, Ini Himbauan Dirut RSUD Bajawa, Flores

LN Focus Indonesia News – Pengumuman resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk status darurat dunia atas wabah virus corona yang melanda berbagai negara, memesan upaya tindakan nyata menghadapi kondisi dunia saat ini.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo umumkan dua orang di Indonesia positif terjangkit virus corona. Dua Warga Negara Indonesia itu, tegas Presiden Joko Widodo,  sempat melakukan kontak dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

Diketahui virus corona jenis baru atau yang dikenal dengan Novel Coronavirus masih satu paketan dengan SARS-CoV dan MERS-CoV, yaitu dua penyakit yang menimbulkan gangguan pada saluran pernapasan seperti Pneumonia.

Sebagai upaya pencegahan dini, pihak Rumah Sakit Umum Daerah Bajawa, Kabupaten Ngada melalui Direktur RSUD setempat, drg. Maria Wea Betu, mengungkapkan kepada wartawan (3/3) bahwa pihak RSUD Bajawa mengambil langkah antisipasi dengan melakukan berbagai persiapan, diantaranya himbauan warga menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

Dirut RSUD Bajawa, drg. Maria Wea Betu memastikan, sejauh ini tidak ada pasien di wilayah Ngada, Flores terindikasi virus Corona.

Meski demikian, pihak RSUD Bajawa, kata dia, mulai melakukan persiapan pelayanan dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang ada. Apabila nanti ada pasien terindikasi corona, maka pihak RSUD Bajawa berkoordinasi dengan Rumah Sakit-Rumah Sakit rujukan yang sudah ditentukan Kementrian Kesehatan.

“Untuk wilayah Flores, sesuai arahan Menkes, pasien terindikasi corona dirujuk ke RS TC Hilers Maumere Kabupaten Sikka”, tegas drg. Maria Betu.

Dirut RSUD Bajawa, drg. Maria Wea Betu menghimbau warga masyarakat menjaga pola hidup bersih dan sehat. Kepada para medis, sambung dia, diperintahkan untuk selalu mencuci tangan secara baik dan benar sebelum melakukan pelayanan kepada pasien maupun setelah melakukan pelayanan pasien di Rumah Sakit.

Lebih lanjut, drg. Maria Betu menyampaikan kondisi Ngada dalam monitoring kesehatan, tidak ada kepanikan masyarakat terhadap wabah Corona, sebaliknya warga Ngada dalam pemantauan pihak medis, tetap tenang dan mengikuti dengan baik berbagai perkembangan informasi kesehatan, mengikuti saran dan himbauan-himbauan yang dikeluarkan. (Tim/Red)