Camat Detukeli Jawab Catatan Jaringan Listrik Yang Sedang Dikerjakan

LN Focus Indonesia News – Camat Detukeli, Kabupaten Ende, Mansoitus Bana dalam konfirmasi redaksi media ini (7/3) mengurai catatan sementara terkait pengerjaan jaringan kabel Listrik PLN di wilayah Kecamatan Detukeli Kabupaten Ende, Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Sebelumnya, dikabarkan kepada salah satu Redaktur media di Kota Kupang (5/3) yang mengajukan scala perhatian untuk progres Penerangan Listrik di wilayah Kecamatan Detukeli, Lio Utara Kabupaten Ende, Pulau Flores, Kabid Kelistrikan NTT, Hermanus Yosep Beo Wea, ST menerima atensi Detukeli menjadi salah satu perhatian serius untuk pengentasan pelayanan listrik PLN bersama agenda kerja NTT Terang, Indonesia terang melalui kinerja pengentasan dan percepatan penerangan listrik di NTT.

Baca berita terkait :  https://larantuka.com/2020/03/kabid-kelistrikan-ntt-terima-atensi-pers-terkait-listrik-detukeli/                          

Menurut Camat Detukeli, Mansoitus Bana, dari 13 Desa yang ada dalam wilayah Kecamatan Detukeli, belum satu pun Desa yang sudah diterangi Listrik PLN.

“Dari 13 Desa di Kecamatan Detukeli belum satu pun Desa yang terpasok penerangan Listrik PLN. Saat ini baru mulai tarik jaringan di lapangan, namun itu pun belum semua Desa terpasang. Masih sedang dikerjakan. Nanti saya koordinasi dengan seluruh Kepala Desa, selanjutnya saya kabari data-data akurat tentang kondisi real lapangan, termasuk dengan progres kerja jaringan yang belum terpasang, yang sudah dan sedang dipasang serta yang akan dan segera diselesaikan pemasangannya”, urai Camat Mansoitus Bana.

Rangkuman redaksi media ini, Detukeli adalah sebuah Kecamatan di wilayah Kabupaten Ende, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Kecamatan Detukeli juga dikenal sebagai tempat lahirnya seorang tokoh besar dalam sejarah pertempuran rakyat melawan Penjanjah Hindia Belanda. Pahlawan Marilonga, adalah Pahlawan yang berperang melawan penjajah Belanda, dari tanah kelahiran Watunggere, dalam wilayah Kecamatan Detukeli.

Jarak tempuh dari Kota Ende menuju Kecamatan Detukeli berjarak 60 Kilo Meter, ke arah Utara melewati Kecamatan Detusoko. Pusat Ibu Kota Kecamatan Detukeli berada di Desa Watunggere Marilonga. Topografi wilayah Kecamatan Detukeli adalah bebukitan dan pegunungan.  

Berikut nama-nama Desa dalam wilayah Kecamatan Detukeli, yakni Desa Detukeli, Desa Detumbewa, Desa jeo Du’a, Desa Kanganara, Desa Kebesani, Desa Maurole Selatan, Desa Nggesa, Desa Nggesa Biri, Desa Nida, Desa Unggu, Desa Watunggere, Desa Watunggere Marilonga, Desa Wolomuku. (Tim/Red)