Bina Toleransi, Dewan Gereja Dan Ormas Islam Jatiroro Lumajang Berdialog

Laporan Koresponden : Tofik, Lumajang.

LN Focus Indonesia News, Jatim – Dialog interaktif antara Dewan Gereja dan Ormas Islam Jatiroro, Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur terus diperkuat dari waktu ke waktu guna membangun keakraban dalam keberagaman dan kehidupan toleransi antar umat beragama di wilayah setempat.

Dikutip koresponden media ini (1/3), dialog dilaksanakan di rumah Wignyo, melibatkan Dewan Gereja Jawi Wetan, Desa Kaliboto Lor, Kecamatan Jatiroto bersama sejumlah Ormas Umat Muslim di wilayah setempat.

Dialog interaktif ini mempertemukan keakraban antara Dewan Gereja dengan Ulama.dan Umaroh, guna menyikapi peristiwa penistaan agama yang dilakukan oleh oknum “EV” (35 th).

Pantauan koresponden media ini, acara dimulai sekitar jam 19.30 WIB, dipimpin langsung oleh Pendeta Prakoso.

Dalam sharring persaudaraan, Pendeta Prakoso menyampaikan sangat prihatin atas tindakan oknum jemaatnya yang telah menodai hubungan mesra antara umat Kristiani dengan Umat Muslim di Jatiroro.

Dalam kesempatan yang sama hadir juga perwakilan keamanan melalui Iptu. Pol. Muriadi.

Dalam kesempatan biacara, Iptu. Pol. Muriadi menekankan pentingnya menjaga kondusifitas wilayah yang sudah terbangun dengan baik selama ini.

 
Pertemuan yang di hadiri oleh sekitar 45 orang ini melibatkan berbagai Ormas Islam diantaranya, NU, Muhammadyah, Pemuda Ansor, MUI, Pagar Nusa dan pihak Gereja Jawi wetan.

 
Temu dialog ini berakhir dengan penuh keakraban dan ditutup dengan doa dari masing-masing agama secara bergantian. (Tofik/Tim/Red)