SAVE Inerie, OMK Jerebuu Ngada Gelar Penghijauan Gunung Inerie

LN Focus Indonesia News – Organisasi Orang Muda Katolik (OMK) Paroki Santo Paulus Jerebuu di Kabupaten Ngada, Flores membuat gerakan menanam pohon di Gunung Inerie (29/2/2020)

Rangkuman LN Focus Indonesia News, Ketua Seksi Kepemudaan DPP Paroki setempat, Yohanes Vianey Nua menerangkan, gerakan tanam pohon di Gunung Inereie adalah bentuk keterpanggilan moral dalam melakukan penghijauan yang diberi nama Gerakan Save Inerie

“Kegiatan Save Inerie diawali dengan perayaan misa pemberkatan bibit yang diperoleh dari Pusat Pembenihan Watukapu UPT. Dinas Kehutanan Propinsi NTT. Ini merupakan gerakan keberpihakan warga kawula muda Jerebuu dalam bingkai bhakti lingkungan hidup atas rasa memiliki Inerie sebagai salah satu tubuh yang tidak terpisahkan dengan manusia, alam,  budaya dan Yang Maha Kuasa dalam tradisi warga Ngada”, tandas Yohanes Vianey Nua yang biasa disapa Ivan Bhingu.

Bhakti Save Inerie dimulai sekitar pukul 08.00 wita, dihadiri oleh Pastor Paroki Jerebuu, RD. Tomy dan Pastor rekan RD. Paul Azi.

Turut ambil bagian dalam kegiatan ini Tokoh Masyarakat, Anggota DPRD Ngada, Thomas Djawa serta Ketua Seksi Kepemudaan DPP. Paroki, Ivan Bhigu dan Kapospol Jerebuu.

Selain perayaan Misa Gereja, gerakan Save Inerie diawali juga dengan gelar Apel bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan nyanyian Bagimu Negeri.

Laporan data OMK Jerebuu menyampaikan jumlah pohon yang ditanam kurang lebih 2500 pohon, berjenis Jati Putih, Trambesi, Cendana dan Kelor.

Gerakan Save Inerie juga berkaitan dengan upaya menjawab masalah yang belum lama terjadi, musibah kebakaran hutan di Inerie.

OMK Jerebuu menaruh harapan dukungan banyak pihak guna keberlanjutan kegiatan Save Inerie dengan filosofi orang Bajawa Dewa De Naa Nitu De Pia. (Tim/Red)