Pertengkaran dan Perselisihan!

Pertengkaran dan Perselisihan!
Yak 4:1-10
Mark 9:30-37

Dalam kehidupan bersama selalu ada saja pertengkaran dan perselisihan. Masing-masing pribadi menunjukkan eksistensi dirinya dalam pelbagai perbedaan yang bisa saja menimbulkan pertengkaran dan perselisihan.

Bacaan suci hari ini menunjukkan kepada kita penyebab perselisihan dan pertengkaran: hawa nafsu, iri hati, tidak berdoa, tidak setia, kesombongan dan kecemburuan.

Agar kita mampu membasmi benih-benih penyulut perselisihan dan pertengkaran maka Tuhan meminta agar tunduklah pada Allah, lawanlah Iblis, dekatilah pada Allah, tahirkanlah tangan kita, sucikanlah hati kita, sadarilah kemalangan kita, berdukacitalah dan merataplah kesalahan kita, rendahkan dirimu di hadapan Tuhan, Ia akan meninggikan kita!

Yesus menyadari bahwa pertengkaran dan perselisihan adalah benih penghancur persatuan para pengikutNya. Maka Yesus mengingatkan bahwa barangsiapa ingin menjadi yang terdahulu, ia akan menjadi yang terakhir.

Semoga kita bisa menghancurkan benih perselisihan dan pertengkaran dalam diri kita agar kita bisa menjadi sahabat dan murid Yesus. Amen.!

Selasa, 25 Februari 2020
Fr. Rikardus Pasang, SVD