Perkuat Petani Babinsa Uluwae Ngada Gotong Royong Tata Air Persawahan

LN Focus Indonesia News – Babinsa Koramil 1625-01 Bajawa, Kodim 1625 Ngada, Flores. Nusa Tenggara Timur, Serda Wilhelmus Ago berjibaku membantu masyarakat petani demi terpasoknya kecukupan air dalam sistem pertanian mengairi sawah di wilayah itu.

Dihimpun redaksi media ini, kepedulian TNI terjun langsung ke sawah demi mengatasi masalah kekurangan air yang dialami petani.

Dilansir bidang Pers TNI Kodim 1625 Ngada (04/02/2020) diuraikan, kali ini Babinsa bersama warga menggunakan mesin pompa air mengairi sawah petani milik Frans Baki seluas 8 Ha di Desa Uluwae Kecamatan Bajawa Utara, Kabupaten Ngada.

 Menurut Serda Wilhelmus Ago yang akrab disapa Tentara Wili, kesulitan yang dialami petani membutuhkan solusi penanganan cepat, maka kehadirannya di tengah-tengah masyarakat adalah untuk turut berpikir dan bertindak mencarikan solusi.

“Perlu kerja keras untuk mempertahankan tanaman padi tersebut. Sementara untuk memenuhi kebutuhan air, sambil menunggu hujan turun, pola pengairan dibantu dengan pengairan dari sungai yang ada di sekitar areal persawahan yang jaraknya sekitar 50 meter dengan menggunakan mesin pompa air,” ungkap Serda Wilhelmus Ago.

Ditambahkan, wilayah Desa Uluwae Kabupaten Ngada sampai saat ini mengalami curah hujan sangat rendah sehingga lahan persawahan masyarakat yang berjumlah 517 petani sawah dengan luas kurang lebih 318 Ha. terancam gagal tanam dan gagal panen.

Serda Wilhelmus Ago mencontohkan lahan Frans Baki misalnya, saat ini tanaman padi sudah berumur 3 minggu namun mengalami kesulitan pasokan air secara memadai ke sawah.

Jika air tidak tercukupi, lanjut Serda Wilhelmus Ago, maka warga kami akan mengalami kerugian besar dan hasil tanaman padi tidak berkembang, hasilnya pun jauh dari harapan.

Atas peran akktif TNI, Kepala Desa Uluwae, Fabianus Rue menyampaikan terimakasih banyak kepada TNI dan Babinsa Serda Wilhelmus Ago. Dia berharap kebersamaan TNI dan Rakyat terus dipertahankan dan ditingkatkan. (Pendim Ngada/Tim/Red)