Jadilah orang yang berhikmat dan berbudi!

“Jadilah orang yang berhikmat dan berbudi!”

Yak 3:13-18
Mark 9:14-29

Tuhan mengajarkan bagi kita pada hari ini tentang hikmat surgawi dan hikmat yang datang dari dunia. Tuhan menyatakan dengan jelas hikmat yang datang dari Allah adalah murni, pendamai, peramah, penurut, penuh belaskasih dan tidak munafik, tidak memihak, hikmat ini lahir dari kelemahlembutan.

Sedangkan hikmat yang datang dari dunia adalah iri hati, mementingkan diri sendiri, memegahkan diri, berdusta melawan kebenaran. Karena bagi Allah, dimana ada hikmat duniawi, akan melahirkan kekacauan dan segala macam perbuatan jahat. Oleh karena itu, Tuhan mengharapkan agar kita mampu menggunakan hikmat surgawi yang diberikan Allah untuk membantu oranglain. Untuk menyelamatkan banyak orang.

Yesus menunjukkan hikmat surgawi untuk menyembuhkan orang yang kerasukan roh jahat. Tuhan memberi kita kuasa dalam diri kita untuk mampu mengusir setan2 yang ada dalam diri kita. Gunakan kuasa atau hikmat yang datang dari atas yang adalam diri kita untuk melahirkan kedamain, ketenangan, keadilan, belaskasihan, permurnian diri demi tercapainya keselamatan banyak orang. Amen

Senin, 24 Februari 2020
Pe. Rikardus Pasang, SVD