Jadilah Batu Wadas!

Jadilah Batu Wadas!
1Pet 5 : 1-4
Mat 16: 13-19

Saudara/i……..
“Gembalakanlah domba-dombaku……”!

Sebuah mandat kepemimpinan yang diberikan oleh Tuhan bagi siapa saja yang dipercayakan Tuhan untuk menjadi seorang pemimpin.

Namun Tuhan mengingatkan bahwa menjadi pemimpin bukan untuk memerintah melainkan untuk mengabdi! Berarti bahwa seorang pemimpin adalah pelayan. Ia mengabdi dan melayani siapa orang yang dipercayakan kepadanya. Karena itu, “Gembalakanlah domba2Ku…!” Adalah juga sebuah bentuk penyerahan diri pada Tuhan sebagai orang pilihan Allah untuk mengabdi dan melayani!

Santu Petrus yang dipilih Yesus, dalam bacaan Injil hari ini menegaskan bahwa keterpilihan Petrus sebagai batu wadas untuk mendirikan Gereja merupakan sebuah bentuk pilihan pelayanan dan pengabdian bagi sesama dalam gereja Kristus. Di dalam gereja, kita melayani dan mengabdi demi berkembangnya kerajaan Allah di dunia. Yesus memilih Petrus karena Yesus tahu iman yang kokoh seorang Petrus. Petrus terpilih karena Yesus kenal dan tahu. Yesus juga memilih kita karena Dia kenal dan tahu siapa kita.

Kita disiapkan untuk bisa menggembalakan domba-dombanya.! Kita semua dipanggil dan dipilih untuk menjadi pemimpin, sebagai batu wadas bagi tegaknya kerajaan Allah di dunia. Amen

Sabtu, 22 Februari 2020
Pe. Rikardus Pasang, SVD