Home Berita Semarak Bulan Bahasa: SMA Negeri I Larantuka Selenggarakan Workshop Menulis

Semarak Bulan Bahasa: SMA Negeri I Larantuka Selenggarakan Workshop Menulis

260
0
Workshop Menulis yang dilaksanakan SMAN I Larantuka.

Larantuka, LARANTUKA.COM – Gerakan Literasi Sekolah yang sudah sejak awal mula mulai dilaksanakan di SMA Negeri 1 Larantuka, kini telah menjadi sebuah kultur sekolah yang hidup di lembaga pendidikan ini. Untuk mendukung program kementrian pendidikan tentang pentingnya Gerakan Literasi Sekolah ini maka sekolah ini senantiasa melaksanakan pelatihan serta workshop tentang menulis untuk para peserta didiknya.

Kegiatan ini dimaksudkan agar kompetensi serta minat menulis pada siswa senantiasa tumbuh dan terawat dengan baik. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka Bulan Bahasa – menyemaraki bulan Oktober sebagai bulan bahasa dan bulan untuk generasi muda meningkatkan kompetensi dan kemampuan mencari tahu informasi dan pada akhirnya menuangkannya dalam bentuk tulisan dengan maksud untuk dibaca dan dinikmati oleh para pembaca.

Kegiatan workshop ini berlangsung selama tiga hari, Senin, 14 Oktober sampai dengan 16 Oktober 2019 bertempat di aula SMAN 1 Larantuka. Kegiatan ini dibuka oleh bapak Sirilus Bali Sabon selaku Wakil Kepala Sekolah Kurikulum didampingi ibu Maria Ines Belang dan Bapak Silvester Witin.

Dalam arahannya, Sirilus menegaskan pentingnya menulis sebagai sebuah latihan pengembangan diri dan peningkatan kreativitas siswa untuk menjadi jurnalis-jurnalis muda. Peserta didik harus menggunakan momen ini sebaik mungkin untuk meningkatkan kemampuan menulisnya. Menulis itu penting dan merupakan sebuah keniscayaan. Senada dengan itu, Pramoedya Ananta Toer juga pernah berucap, orang boleh pandai setinggi langit, tetapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah.

Menulis adalah bekerja untuk keabadiaan. Kegiatan workshop ini diberikan langsung oleh para narasumber, yaitu Bapak Anselmus D. Atasoge; S.Fil, M.Th, dengan materi Menulis pada umumnya, saudara Wento (wartawan Flores Pos), dengan materi Menulis Berita dan Saudara Patman Werang (Wartawan TVRI) dengan materi Mengolah Foto menjadi sebuah berita yang menarik. Silvester Witin, selaku ketua panitia, di sela-sela kegiatan menuturkan bahwa muara akhir dari kegiatan ini adalah siswa bisa menulis tentang apa saja. Di sini siswa bisa memiliki kemampuan untuk berliterasi, apalagi di era digital ini.(SW)