Home Berita Polres Ngada Pastikan Pengamanan Festival Riung

Polres Ngada Pastikan Pengamanan Festival Riung

282
0

LN Focus Indonesia News – Polres Ngada kepemimpinan AKBP. Andika B. Adhittama, S.I.K, M.H melalui Polsek Riung beserta anggota melaksanakan pengamanan ekstra terhadap 3000 peserta Festival Riung, Kabupaten Ngada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur (29/10/2019).  

Dikutip media ini, kegiatan festival seni dan budaya Riung serta permainan rakyat bertempat di Mbarungkeli Desa Latung Kecamatan Riung Kabupaten Ngada.

Rangkaian festival dimulai dengan pawai karnaval yang mementaskan budaya Riung, diikuti oleh semua Etnis Suku di Kecamatan Riung dengan membawa perwakilan dari Dinas terkait yang berada di Kecamatan Riung serta melibatkan pelajar SD, SMP, SMA Kecamatan Riung.

Dilansir sumber Humas Polres Ngada, rombongan Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Asisten I Kabupaten Ngada, Kadis Pariwisata Kabupaten Ngada Tiba di tempat acara Festival Riung sekitar pukul 13.00 wita (29/10/2019) dan disambut Tarian Beak dan Tarian Tia Raga sebagai pentas tari budaya Riung.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Ngada, Bernadinus Dhey Ngebu, SP melalui sambutannya, momen ini merupakan ajang romosikan budaya Ngada, khususnya Etnis Riung.

Ngada, lanjut Dhey Ngebu, terkenal dengan banyak budaya dan etnis yaitu Soa, Riung dan Ngada menjadi sangat unik.

“Even ini mementaskan semua budaya dan akan menjadi kekhasan di Kabupaten Ngada Kecamatan Riung. Budaya, adat istiadat serta tradisi harus terus dilestarikan dan diwariskan kepada anak cucu. Artinya generasi muda harus tetap lestarikan. Kita ajarkan terus kepada generasi muda. Lewat momen ini kita ajak mereka mari kita bersama menjaga budaya kita. Even Festival Riung 2019 merupakan momentum untuk mempromosikan Kabupaten Ngada secara khusus Kecamatan Riung.  Ngada terkenal dengan banyak potensi, diantaranya pertanian, peternakan juga pariwisata yang menjanjikan, semoga kegiatan ini dapat berjalan dengan aman dan kancar di bawah pengaman para anggota Polres Ngada melalui Polsek Riung”, ungkap Bernadinus Dhey Ngebu, SP.

DPRD Ngada juga menyampaikan  terima kasih kepada Kapolsek Riung beserta anggota yang telah mengawal serta mengamankan jalannya Festival sehingga berjalan dengan aman dan lancar.

Sementara Bupati Ngada melalui sambutan Asisten I Setda Ngada, Emanuel Dopo, S. AP mengatakan pariwisata mengetengahkan bermacam corak dan hal menarik dengan menampilkan miniatur berbagai kegiatan pembangunan serta gambaran kehidupan masyarakat, terutama mencakup aspek seni budaya juga pendidikan.

“Saya sungguh menyambut baik kegiatan ini sebab selain sebagai kesempatan untuk menampilkan berbagai keanekaragaman budaya daerahnya dan ini merupakan ciri khasnya . Adanya karnaval juga sangat bermanfaat sebagai salah satu upaya untuk kita memotivasi generasi muda sebagai aset bangsa agar mencintai kebudayaan dan daerahnya”. Sebagai warga Ngada dirinya bangga dengan budaya yang ada. Oleh karena itu, siapapun harus menjaga, merawat dan memelihara budaya yang ada sehingga bisa diwariskan kepada generasi muda”, urai Pemda Ngada melalui ¬†Asisten I Setda Ngada.

 Lebih lanjut diutarakan, pawai budaya sangat penting sebagai kesempatan untuk terus mempromosikan dan mengembangkan potensi-potensi budaya dan wisata yang ada di daerah kita ini kepada siapa saja khususnya para wisatawan yang berkunjung ke daerah kita ada juga yang turut menyaksikan kegiatan karnaval ini.

Riung memiliki potensi dan keanekaragaman budaya yang luar biasa. Keanekaragaman budaya perlu dijaga dan dilestarikan sehingga tidak mudah punah dengan berbagai cara apapun tidak mudah terpengaruh oleh arus globalisasi.

Untuk itu keanekaragaman budaya perlu dicermati karena warisan budaya dan nilai-nilai tradisional mengandung banyak kearifan lokal yang masih sangat relevan dengan kondisi saat ini yang seharusnya dilestarikan diadaptasikan atau bahkan dikembangkan.

Kegiatan seperti ini menjadi salah satu sarana untuk menjaga dan memelihara warisan warisan budaya leluhur tersebut. Festival budaya merupakan kegiatan yang strategis dan hendaknya dilaksanakan dengan sungguh-sungguh sebagai wujud pertanggungjawaban kita atas keseluruhan proses dan aktivitas pembangunan di segala bidang selama ini kepada seluruh komponen masyarakat Riung sehingga dapat menggugah apresiasi dan partisipasi aktif seluruh komponen Pembangunan Daerah baik pemerintah dan swasta maupun organisasi politik organisasi kemasyarakatan untuk saat ini dan yang akan datang.

Pemda Ngada menginformasikan festival terselenggara atas kerjasama hubungan yang baik dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama Pemerintah Provinsi dan juga Pemerintah Kabupaten Ngada.

Pemda Ngada mengucapkan ucapan terima kasih kepada para peserta, baik dari Dinas Instansi Pemerintah maupun swasta yang ikut ambil bagian dalam festival Riung

Dikutip media, pelepasan burung Merpati Pemda Ngada melalui Asisten I Daerah bersama Ketua DPRD Kabupaten Ngada menjadi tanda pembukaan Festival Riung Tahun 2019.

Berikutnya sekitar pukul 15.00 wta penunjukan lokasi Wisata Bersampan oleh Camat Riung bertempat di Pantai laut Nangaular. Rangkaian acara dilanjutkan, pada pukul 18.00-23.00 wta giat live musik dan fashion show.

Festival Riung 2019 menampilkan Karnaval dan Fashion Show,Pameran Tenun Ikat,Kuliner Tradisional,Pagelaran Musik Tari,Mbeling,Larik(Caci),Live Musik.

Polres Ngada melalui Kapolsek Riung, Ipda Gunter Meo memastikan pengamanan dilaksanakan sepenuhnya, walaupun personil terbatas dibanding dengan jumlah peserta festival yang kurang lebih sekitar 3000 Orang.

” Kegiatan ini di rencanakan berlangsung selama dua hari, saya melibatkan seluruh Anggota Polsek dan dibantu oleh Pol PP untuk pengamanan di semua titik kegiatan Festival. Festival Riung berjalan kondusif dan lancancar”, tegas Kapolsek Riung, Ipda Gunter Meo. (Release Humas Polres Ngada/Tim/Red)