Home Berita SOLID Papua Rilis Tiga Sikap Termasuk Untuk Presiden RI

SOLID Papua Rilis Tiga Sikap Termasuk Untuk Presiden RI

278
0

LN Focus Indonesia News – Solidaritas Indonesia untuk Keadilan dan Perdamaian Papua (SOLID Papua) melalui materi pers diterima redaksi media ini (6/9) menyatakan sikap untuk cara penanganan di Papua. Penegasan Solid Papua disampaikan langsung oleh Koordinator Solid Papua, Gabriel Goa.

Menurut dia, tiadanya keadilan dan perdamaian di Papua telah menjadi sorotan nasional dan dunia internasional.

Terpanggil menegakkan keadilan dan perdamaian di bumi Cendrawasih, Solidaritas Indonesia untuk Keadilan dan Perdamaian Papua melayangkan tiga sikap desakan diantaranya mendesak Presiden Jokowi Papua tidak mengedepankan pendekatan keamanan (security approach) untuk Papua, tetapi pendekatan Peace Building dan Pemberdayaan Sumber Daya Manusia Papua serta pemberdayaan ekonomi masyarakat Papua.

Berikutnya, mendesak Presiden Jokowi untuk melakukan pendekatan Kasih pantang kekerasan terhadap masyarakat Papua dan stop berwacana dengan menghargai harkat dan martabat orang Papua, pantang diskriminatif terhadap orang Papua. Jangan lupa, tipikal orang Papua dan Indonesia Timur tidak suka berbasa-basi tetapi terbuka dan blak-blakan.

Selanjutnya Solid Papua mengajak Lembaga Agama dan Masyarakat serta Pers mengawasi bersama kinerja TNI dan Polri agar tidak mengulangi kembali pendekatan keamanan (security approach) seperti di Timor Timur dulu yang akhirnya memisahkan diri dari NKRI menjadi Negara Republik Demokratik Timor Leste.

Ket foto : Papua adalah Indonesia – (Tim/Red)