Home Berita Setia Pergi Menyertai Dia: Syukur 25 Tahun Imamat Rm. Ansel Liwu, Pr.

Setia Pergi Menyertai Dia: Syukur 25 Tahun Imamat Rm. Ansel Liwu, Pr.

242
0

Larantuka, LARANTUKA.COM – Rm. Ignatius Andreas Liwu, Pr yang biasa disapa Romo Ansel, kini merayakan 25 tahun dalam imamat dalam syukuran Ekaristi kudus di Paroki Weri pada hari Jumad 06 September 2019.

Dalam menapaki ziarah perjalanan imamatnya, Rm. Ansel tiba pada ujung refleksinya dengan sepenggal moto yang sempat menginspirasinya yaitu SETIA PERGI MENYERTAI DIA. Selama 25 tahun, Rm. Ansel menyadari tugas dan karya pastoralnya sebagai sebuah tugas kegembalaan yang terinspirasi dari panggilan Yahwe dalam diri Musa. Musa yang juga beralih dari rutinitas hidupnya menuju sesuatu yang lain yang sebenarnya jauh lebih penting dari yang dialaminya. Allah sebenarnya menyuruh dia (Musa) untuk meninggalkan yang rutin untuk ber-passing over menuju sesuatu yang lebih urgent dan mendesak.

Refleksi yang inspiratif inilah yang diangkat sang yubilaris dalam homili yang sempat menginspirasi sekian imam, biarawan dan biarawati serta seluruh umat yang hadir dalam perayaan ekaristi tersebut. Perayaan ekaristi syukur 25 tahun imamat ini dipimpin langsung oleh Mgr. Frans Kopong Kung, Pr, Uskup Larantuka. Hadir juga para imam konselebran sekitar limapuluhan. Perayaan Ekaristi ini dimeriahkan dengan koor dari Paduan Suara Regina Caeli Weri.

Perayaan puncak syukur perak imamat ini diawali dengan triduum yang dilakukan di setiap Kelompok Umat Basis yang ada di wilayah paroki Santa Maria Pembantu Abadi Weri. Umat diberikan kesempatan dalam triduum ini untuk boleh mendoakan imam Tuhan Rm. Ansel dan lebih dari itu juga mendoakan benih panggilan supaya boleh tumbuh subur di paroki ini dan wilayah keuskupan ini.

Triduum ini ditutup dengan ibadat bersama di Gereja Paroki Weri. Sebelum ibadat penerimaan, yubilaris dijemput oleh panitia dan keluarga di rumah bina Saron di San Dominggo. Selajutnya yubilaris diarak menuju paroki Weri dan diterima secara paroki di lingkungan Santo Laurensius dalam ritual dan seremoni adat penerimaan. Selanjutnya yubilaris diantar seluruh umat dan juga kelompok anak-anak yang bersepeda menuju paroki Weri.

Rangkaian acara syukuran ini disiapkan dengan sangat baik melalui kerjasama dan saling koordinasi antara panitia, pastor paroki dan team pastor, dewan pastoral paroki Weri dan seluruh umat serta keluarga yubilaris. Pastor paroki Santa Maria Pembantu Abadi Weri, Rm. Fransiskus Xaverius Hurint, Pr, menyambut baik perayaan syukur perak imamat ini dengan selalu mengarahkan, memotivasi serta bekerjasama dengan semua pihak untuk menyukseskan perayaan iman umat ini.

Perayaan iman ini sebenarnya membawa nuansa baru bagi seluruh umat agar umat lebih mencintai imammnya dan umat selalu bersedia mendorong generasi muda untuk mencintai panggilan imamat itu sendiri. Profisiat Rm. Ansel, semoga detak hari ini, perayaan syukur 25 tahun imamatmu hari ini menjadi pemicu langkah imamatmu di tahun-tahun yang akan datang. Mudah -udahan moto “Setia Pergi Menyertai Dia” selalu menginspirasimu dalam menapaki panggilan hidup imamatmu.

Syl Witin, sekertaris panitia panitia perayaan 25 tahun romo Ansel Liwu, Pr.