Home Berita Serva Regulam et Regula Te Servabit

Serva Regulam et Regula Te Servabit

159
0

Larantuka, LARANTUKA.COM – Adagium klasik dalam bahasa Latin, Serva regulam et regula te servabit yang bila diterjemahkan secara harafiah ke dalam bahasa Indonesia menjadi “Peliharalah Aturan dan Aturan akan Memelihara Anda”, kembali mengafirmasi segenap orangtua wali murid peserta didik SMA Negeri 1 Larantuka, siang hari ini, Rabu, 11 September 2019 dalam pertemuan sosialisasi tata tertib SMA Negeri 1 Larantuka.

Sekitar 300 ratusan orangtua wali murid hadir pada siang ini di aula SMA Negeri 1 Larantuka. Apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya disampaikan kepada orangtua wali murid yang telah meluangkan waktu dan tenaga di tengah rutinitas dan kesibukan hariannya untuk hadir dan terlibat dalam pertemuan yang sangat penting dan mendesak ini.

“Kita mesti nembangun kerjasama dan bila perlu membangun komitmen bersama untuk satu tujuan ini yaitu demi penegakan tata tertib dan disiplin yang berlaku di lembaga pendidikan SMAN 1 Larantuka ini”, demikian afirmasi dari Drs. Yakobus Milan Betan, selaku Kepala SMA Negeri 1 Larantuka. Selanjutnya, Milan Betan, mengingatkan orangtua untuk tetap bersinergi dengan seluruh komponen sekolah untuk menjaga tata tertib sekolah yang sudah terpampang rapih dalam buku merah panduan penilaian afektif siswa.

Sambutan kepala sekolah ini berakhir dengan ajakan bagi orangtua untuk tetap mendukung anaknya dalam mentaati peraturan dan disiplin yang berlaku pada SMAN I Larantuka. Kegiatan ini dilanjutkan dengan sosialisasi tatib dan peraturan akademik oleh keempat wakasek, yaitu wakasek kesiswaan, ibu Ines Belang, S.Pd, wakasek kurikulum bapak Sirilus Bali Sabon dan juga Wakasek Sarpras Bapak Maksi Kolin serta Wakasek Humas Bapak Sil Witin.

Sosialisasi ini dimoderatori oleh Syl Witin; wakasek Humas. Sosialisasi ini cukup alot dan sempat membuka ruang bagi orangtua wali murid untuk bertanya sekaligus berdialog. Pertanyaan serta usul dan saran lebih ke persoalan tentang bagaimana membangun motivasi dan kesadaran dalam diri orangtua dan peserta didik untuk memahami serta memaknai aturan dan tatib yang berlaku di Sekolah. Selain itu, ada juga orang tua yang sedikit memberikan usul dan saran soal peran komite dan juga keuangan komite. Pertanyaan serta hal-hal teknis ini langsung diklafifikasi oleh ibu Ines Belang dan juga Bapak Maksi Kolin.

Selanjutnya Bapak Sirilus Sefikit memberikan klarifikasi menyangkut legalitas penilaian serta instrumen penilaian afektif, kognitif dan psikomotor pada peserta didik yang kini sedang berlaku di satuan pendidikan SMA Negeri 1 Larantuka. Bapak Rofin Kopong, mewakili orangtua juga memberikan usul dan saran yang sangat konstruktif khususnya berkaitan dengan peran dan kiprah komite itu sendiri. Beliau sangat mengharapkan agar ke depannya perlu ada rapat koordinasi dan pertanggungjawaban peran komite dengan orangtua wali murid. Masukan ini diterima baik dan sempat diklarifikasi dengan sangat jelas oleh bapak Maksi Kolin yang juga adalah wakil dari komite SMAN 1 Larantuka.

Sosialisasi ini ditutup dengan statemen dari moderator, bapak Syl Witin, dengan mengajak seluruh peserta, khususnya orangtua wali murid untuk memahami esensi utama dari aturan dan tata tertib ini. Apabila kita memelihara aturan, maka sebagai konsekuensi logisnya yaitu aturan itu dengan sendirinya akan memelihara kita. Serva regulam et regula te servabit.

Oleh Syl Witin
Wakasek Humas SMAN 1 Larantuka.