Home Berita OSIS SMAN 1 Larantuka Gelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar

OSIS SMAN 1 Larantuka Gelar Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar

99
0

Pesatnya arus globalisasi yang merupakan dampak dari ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih senantiasa menuntut setiap insan untuk beradaptasi sesuai tuntutan jaman. Waktu memang berubah dan menuntut manusia untuk berubah di dalamnya (tempora mutantur et mutamus in illis). Dalam konteks ini sebagai generasi muda, sangatlah dituntut kesadaran dan komitmen untuk tetap beradaptasi secara selektif dan kreatif inovatif. Generasi muda mesti mengisi hidupnya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan yang memacu serta memotivasinya untuk tetap berkembang.

Momentum Latihan Kepemimpinan Tingkat Dasar (LKTD) merupakan kesempatan berahmat bagi para siswa untuk meningkatkan pemahaman dan paradigmanya tentang hidup berorganisasi. Demikian ungkap Drs. Yakobus Milan Betan, Kepala SMAN 1 Larantuka. Milan Betan memberikan penegasan sekaligus motivasi kepada para peserta didik yang terlibat dalam kegiatan ini untuk mengikutinya dengan serius.

Kegiatan LKTD ini menurut ketua OSIS SMAN 1 Larantuka, Yosefina Natalia Da Gomez, dilatarbelajangi oleh minimnya pemahaman siswa tentang hidup berorganisasi serta kurangnya kemampuan verbal dalam komunikasi serta minimnya pemahaman siswa tentang ilmu komunikasi umumnya. Untuk itu, semua pengurus OSIS dan segenap MPK (Majelis Perwakilan Kelas dituntut untuk mengikuti pelatihan ini. Hal ini ditegaskan kembali oleh Wakasek Kesiswaan ibu Ines Belang dan juga Pembina OSIS ibu Mikhaela K. Balawanga, S.Ag.

OSIS merupakan wadah organisasi sekolah yang selalu menginspirasi dan memotivasi siswa untuk meningkatkan kemampuan hidup berorganisasi. Kegiatan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat Dasar ini dilakukan selama tiga hari yaitu Kamis, 29 Agustus sampai Sabtu 31 Agustus 2019. Kegiatan ini menghadirkan para narasumber yaitu Silvester Witin, Wakasek Humas SMAN 1 Larantuka dengan materi Public Speaking, Dra. Hayon Bine Theresia, Teknik Memimpin Rapat dan ditutup dengan materi Debat yang dibawakan oleh Ibu Marselina Payong.

Kegiatan LKTD ini selalu diawali dengan penyajian materi dan diakhiri dengan latihan secara kelompok. Para siswa begitu antusias dan tetap optimis mengikuti kegiatan pelatihan ini. Hal terlihat dalan keseriusan mereka khususnya dalam praktek di dalam kelompok masing masing. Kegiatan ini diikuti oleh semua pengurus OSIS dan juga perwakilan dari setiap kelas, sebanyak tigaratusan siswa.

Kegiatan ini ditutup oleh ibu Ines Belang sebagai wakasek Kesiswaan didampingi oleh pembina OSIS. SMA Negeri harus berubah seiring perubahan jaman karena masa depan ada di tangan para peserta didik. Oleh karena itu maka kegiatan-kegiatan pelatihan serta pendampingan seperti ini merupakan sebuah keniscayaan.(Sil Witin, Wakasek Humas SMAN 1 Larantuka).

Editor: Hans Hallan