Home Karya Kreatif Dari Anak Turun ke Cerita Rakyat Ende

Dari Anak Turun ke Cerita Rakyat Ende

117
0

Silvester Mbete : Hari ini kami mengirim dua exempelar buku menghasilkan Anak Bijaksana Melalui Cerita Rakyat Ende. Untuk Eja Silvester Mbete di Bogor.

Bagaimana kisah hingga beliau jadi pembaca buku saya itu?

Dari Anak Turun ke Ayah

SUDAH cukup lama saya berteman dengan Eja Silvester Mbete di facebook, namun saya memposisikan Eja Sil biasa-biasa saja. Tidak ada postingan Eja Sil yang menarik perhatian saya, sehingga saya tidak memberi perhatian khusus.

Suatu hari, ada sebuah artikel seorang gadis yang dipostingnya, tag juga ke akunnya Eja Sil. Gadis itu bernama Gloria Fransisca Katharina Lawi. Artikel sungguh menarik perhatian saya.

Gloria mengisahkan masa lalunya yang dikekang karena proteksi ayahnya. Gadis itu kecewa karena banyak keinginannya terkubur, termasuk keinginan untuk kuliah di kampus dan jurusan idolanya. Dia pun ikut saja kemauan ayahnya.

Sejalan dengan pertambahan usianya, Gloria mulai unjuk-gigi pada ayahnya. Tidak semua perintah ayahnya dia ikut. Dia mulai menjalani hidupnya sesuai keinginannya. Ayahnya tetap kuatir, meski sudah tidak berdaya untuk mengatur anaknya itu.

Ternyata Gloria bertumbuh jauh lebih hebat dari yang dibayangkan ayahnya. Gloria tumbuh menjadi gadis yang berani, percaya diri, kreatif, dan sukses kuliahnya. Kini Gloria menjadi wartawati di sebuah media top dan bertugas di Kalimantan.

Di hari ulang tahun ayahnya itu, dari hutan Kalimantan, Gloria menulis untuk ayahnya.

Gloria melukiskan masa lalunya yang dikekang. Lalu Gloria bebas menentukan arah hidupnya dan dia mengabarkan ke ayahnya bahwa dirinya baik-baik saja di Kalimantan. Semua kekhawatiran dan pesimisme ayahnya tidak terbukti. Gloria sangat menghormati dan nencintai ayahnya.

Ternyata tokoh ayah dalam kisah Gloria adalah Eja Silvester Mbete ini. Gloria adalah putri cantik yang hebat milik Eja Sil. Saya langsung menaruh hormat pada Gloria dan mulai mengenal lebih dekat dengan Eja Sil.

Dari Eja Sil, saya menjadi banyak tahu tentang Gloria. Gloria pun sempat ngobrol dengan saya. Gambaran umumnya, Gloria adalah sosok remaja putri Ende-Lio yang tampil eksekutif sukses di metropolitan. Gloria cerdas, kreatif, berani, percaya diri, dan enerjik.

Dari cara Gloria menulis, saya menangkap bahwa beliau adalah gadis Ende yang hebat. Bahasanya ringan dan komunikatif. Tata bahasanya bagus. Sistimatikanya mengalir lancar. Dan cara pandang dia yang sangat dewasa, matang, elegan. Di mata saya, Gloria bukanlah remaja putri Ende yang biasanya saya kenal. Gloria luar biasa untuk ukuran orang Ende. Jika tidak ada aral yang melintang, maka saya yakin subyektif bahwa Gloria adalah wartawan perempuan pertama asal Ende yang hebat. Semoga!

Sejak itulah saya mengenal dekat secara maya dengan Eja Sil.

Dari Anak Turun ke Cerita Rakyat Ende

KEMARIN Eja Sil membaca postinganku dalam rangka pengiriman buku “Menghasilkan Anak bijaksana Melalui CERIT RAKYAT ENDE untk Ari Keyser Djendi di Ende.

Eja Sil langsung memesan buku itu. Pagi tadi Eja Sil sudah mengirim biaya cetak dan expedisi.

Siang tadi saya sudah kirim untuk beliau. Semoga satu-dua hari lagi sudah tiba di Eja Sil.

Selamat membaca, Eja Sil…! (*)

Catatan:
Bagi yang ingin mengetahui dan memiliki buku ini, silakan mengunjungi ini :   https://m.facebook.com/story.php?story_fbid=610652649463915&id=100015575562096