Home Artikel Catatan Dari Papua : Pemerintah Harus Jelaskan Perbedaan Aceh dan Papua

Catatan Dari Papua : Pemerintah Harus Jelaskan Perbedaan Aceh dan Papua

107
0

Oleh : Theo Hesegem

Pemerintah Indonesia mempunyai pengalaman penyelesaian masalah konflik Aceh, dan kesepakatanya di lakukan di Helsengky.

Pemerintah Indonesia harus menjelaskan berbedaan antara Aceh dan Papua. Karena yang kami ketahui adalah Aceh dan Papua adalah bagian dari Rebuplik Indonesia.

Konflik Aceh cepat sekali direspon oleh Pemerintah Pusat, sedangkan penanganan Konflik di Papua sangat lamban direspon oleh pemerintah Pusat. Berbagai pihak mendesak Pemerintah Pusat untuk berdialog masalah Papua, dan banyak pertimbangan.

Sering pemerintah pusat, mengatakan kami sudah melakukan berdialog dengan berbagai pihak, tanpa agenda yang jelas. Melakukan pertemuan biasa dianggap dialog, dan itu konsep dan pikiran orang pememerintah pusat.

Menurut pemahaman saya, yang dimaksud dengan dialog adalah melibatkan kedua belah pihak yang berbedah pendapat dan menyepakati bersama agenda dialognya. Apa yang mau didialogkan.

Sepengetahuan saya selama ini, Pemerintah pusat jarang melibatkan orang Asli Papua yang berbeda pendapat, tetapi selalu melibatkan orang-orang dan tokoh-tokoh orang Papua yang punya pandangan sama dengan pemerintah di Jakarta.

Sehingga masalah Papua tidak dapat diselesaikan dengan tuntas. Akhir tulisan saya ini, saya mau bertanya kepada Pemerintahan Pusat, Apa berbedaan Aceh dan Papua ? Dan di mana Perbedaannya ? Dan apa yang membedakan Aceh dan Papua ?. Sekian.

Oleh : Theo Hesegem – Pembela HAM di Papua Pegunungan Tengah