Home Berita Tarian Anak-anak Meriahkan Pembukaan Peringatan Proklamasi Tingkat Kelurahan Lewolere

Tarian Anak-anak Meriahkan Pembukaan Peringatan Proklamasi Tingkat Kelurahan Lewolere

86
0
Lurah Lewolere, Yoseph Keta Assan, S.AP saat membukan rangkaian kegiatan 17 Agustus

Larantuka, LARANTUKA.com – Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia telah memasuki usia yang ke-74. Di berbagai tempat berbagai kegiatan menyongsong Proklamasi Kemerdekaan mulai dilaksanakan. Tidak ketinggalan pula, warga masyarakat Kelurahan Lewolere, Larantuka, Flores Timur.

Rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 tingkat kelurahan Lewolere secara resmi dibuka oleh Lurah Kelurahan Lewolere, Yoseph Keta Assan, S.AP. Dalam sambutannya beliau mengatakan perlunya upaya dalam menumbuhkan rasa cinta kepada tanah air. “Mari kita menanamkan rasa cinta kepada tanah air secara nyata dalam bentuk aksi pengibaran bendera Merah Putih di setiap rumah selama bulan Agustus ini. Selain itu salah satu wujud nyata kecintaan kaum muda kepada bangsa dan negara adalah dengan menjauhi narkoba”, lanjut Yoseph Keta, demikian beliau biasa disapa, di hadapan warga masyarakat Kelurahan Lewolere beserta undangan yang hadir.

Warga masyarakat yang hadir pada pembukaan peringatan Proklamasi RI. Foto: Enno Halan

Rangkaian acara pembukaan sendiri telah dimulai pada siang hari dalam upacara adat memohon kekuatan serta perlindungan dari para leluhur yang dilakukan oleh Kelaken Temukung Lewotana Lerek Lamalina Lina Lamamao (Tetua Adat) di Rumah Besar masyarakat Kelurahan Lewolere yang dilanjutkan dengan mengunjungi sembari berdoa di Lewo Ulun (Kampung Lama).

Setelah secara resmi dibuka oleh Lurah Lewolere, kegiatan hari pertama diawali dengan perlombaan Tarian Anak-anak yang diikuti oleh semua Rukun Warga dalam kelurahan Lewolere. Para penampil cilik dengan lengak-lengoknya begitu menghidupkan suasana serta mengundang tawa riuh dari para penonton yang hadir.

Para penampil cilik yang mengundang gelak tawa dari penonton. Foto: Enno Halan

Dihubungi terpisah, Hans Hallan selaku ketua panita HUT Proklamasi ke-74 tingkat Kelurahan Lewolere mengatakan bahwa hakekat dari perayaan ini sejatinya bukan untuk mencari juara ataupun peringkat, tetapi lebih pada melibatkan semua lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif delam bergembira bersama. Karena itu Abang Hans, begitu biasa disapa, mengharapkan agar semua lapisan masyarakat bisa selalu aktif dan kompak dalam rangkaian kegiatan ini.(HH)