Home Serba-serbi Daftar 10 Negara Yang Pernah Memindahkan Ibu Kota Negara

Daftar 10 Negara Yang Pernah Memindahkan Ibu Kota Negara

419
0

LN Focus Indonesia News – Pusat Pemerintahan suatu negara disebut dengan Ibu Kota Negara. Ibu Kota Negara berisikan perkantoran, pusat administrasi negara dan lain-lain, termasuk tempat tinggal para pejabat tinggi negara, Kepala Negara, Presiden, Wakil Presiden, para Menteri, DPR RI, Panglima Jenderal, Kapolri dan seterusnya.

Rangkuman berbagai sumber akurat diketahui beberapa negara yang letak ibu kota berada di ujung negara atau susah dijangkau dari kota lainnya dalam negara, pada negara seperti ini cenderung pembangunannya berjalan lambat untuk sektor kota lain dalam negara. Sebaliknya ibu kotanya sangat maju, serba moderen dan canggih.

Saat ini Negara Kesatuan Republik Indonesia sudah mengumumkan Ibu Kota Negara yang baru. Namun jauh sebelum Indonesia berpikir untuk memindahkan ibu kota negara, sudah begitu banyak negara di dunia sukses memindahkan ibu kota negara mereka. Berikut dirangkum dari berbagai sumber, daftar 10 negara yang memindahkan ibu kota negara.  

1. Pantai Gading – Dari Abidjan ke Yamoussoukro

Pada tahun 1983 Yamossoukro ditetapkan menjadi ibu kota baru Pantai Gading menggantikan Abidjan. Pemindahan ini dilakukan di masa pemerintahan Presiden Felix Houphouet-Boigny yang ingin mendongkrak pembangunan di wilayah tengah negeri itu. Karena selama ini pembangunan hanya berpusat di kota Abidjan saja dan kota lain jauh ketinggalan. 

Yamossoukro sendiri menjadi ibu kota keempat Pantai Gading dalam kurun waktu satu abad setelah kota Grand-Bassam (1893), Bingerville (1900), dan Abidjan (1933). Pemindahan ibu kota ke Yamossoukro tidak serta merta mematikan kota Abidjan karena sebagian besar kegiatan perekonomian, instansi pemeritahan, dan kantor-kantor kedutaan asing masih bertahan di kota Abidjan.

2. Inggris – Dari Winchester ke London

Inggris merupakan salah satu negara industri yang sangat maju. Pusat pemerintahannya saat ini berada di Kota London dan sekaligus merupakan Ibu kota negaranya. Sebelum London, ibu kota Inggris adalah kota Winchester. Namun pada tahun 1066 Ibu Kota Inggris dipindahkan ke kota London. Proses pemindahannya berjalan mulus dan tidak menimbulkan gejolak sosial atau protes dari masyarakat karena kota London sendiri sudah memiliki populasi cukup besar kala itu. Pemindahan itu tidaklah salah karena kini London menjadi salah satu kota yang paling maju di dunia.

2. London – Dari Winchester ke London

Inggris merupakan salah satu negara industri yang sangat maju. Pusat pemerintahannya saat ini berada di Kota London dan sekaligus merupakan Ibu kota negaranya. Sebelum London, ibu kota Inggris adalah kota Winchester. Namun pada tahun 1066 Ibu Kota Inggris dipindahkan ke kota London. Proses pemindahannya berjalan mulus dan tidak menimbulkan gejolak sosial atau protes dari masyarakat karena kota London sendiri sudah memiliki populasi cukup besar kala itu. Pemindahan itu tidaklah salah karena kini London menjadi salah satu kota yang paling maju di dunia.

3. Australia – Dari Melbourne ke Canberra

Ibu kota Australia dulunya adalah Melbourne bukan Canberra. Melbourne merupakan Ibu kota pertama negara Australia. Namun ibu kota akhirnya dipindahkan ke Canberra pada tahun 1927. Pencarian Ibu kota baru sebenarnya dimulai sejak tahun 1911 dengan diadakannya sayembara pemilihan Ibu kota dengan persyaratan kota pemenang harus memiliki taman kota dengan perputaran uang yang juga cukup besar di pusat kotanya. Kota yang memenuhi syarat ini hanya Canberra dan akhirnya Ibu kota dipindahkan ke sana.

4. India – Dari Delhi ke New Delhi

India juga masuk ke daftar ini karena pernah memindahkan Ibu kotanya pada tahun 1911. Pemindahan ini berjalan lancar dan tanpa hambatan yang berarti karena letak Delhi dan New Delhi berdekatan dan berada dalam suatu wilayah yang sama sehingga pemindahan ini tidak terlalu dipermasalahkan oleh masyarakat India.

5. Rusia – Dari Moskow ke St. Petersburg lalu ke Moskow lagi

Rusia adalah salah satu negara yang besar dan juga sangat kuat dari segi ekonomi dan militer. Ibu Kota Rusia sebenarnya sudah bolak-balik dipindahkan karena pada awalnya yaitu hingga tahun 1712 Ibu kotanya adalah Moskow. Namun berdasarkan kebijakan kepala negara kala itu Ibu kota dipindahkan ke St.Petersburg dengan alasan St.Petersburg memiliki akses yang lebih dekat menuju daratan Eropa. Tapi pada tahun tahun 1918 Ibu Kota Rusia kembali dipindahkan ke Moskow.

6. Brazil – Dari Rio de Janeiro ke Brasilia

Pada awalnya ibu kota Bazil adalah Rio de Janeiro, namun pada 21 April 1960 pemerintah Brazil memindahkan Ibu kota negaranya ke sebuah kota baru yang dinamakan Brasilia. 

Brasilia menjadi menjadi pusat pemerintahan Brazil menggantikan kota Rio de Janeiro. Kota tersebut kini menjadi tempat institusi pemerintah federal termasuk kongres, presiden, dan Mahkamah Agung. Di samping itu kota Brasilia juga menjadi tempat untuk sekitar 124 kantor kedutaan besar negara-negara sahabat Brasil. Selain itu Brasilia kini menjadi salah satu kota terpadat di Brazil.

7. Nigeria – Dari Lagos ke Abuja

Pada awalnya ibu kota Nigeria adalaha Lagos, namun pada tahun 1980-an pemerintah Nigeria membangun sebuah kota bernama Abuja. Kota ini dirancang untuk menggantikan Lagos sebagai ibu kota negera. Mulailah dibangun instansi pemerintah seperti kompleks kepresidenan, gedung parlemen, Mahkamah Agung, serta sebagian besar kota dan dirancang dan ditata dengan sedemikian rupa.

Sebagai sebuah ibu kota baru, Abuja dibanjiri arus urbanisasi di mana penduduk berdatangan ke kota ini sehingga mendongkrak jumlah penduduknya. Meskipun proyek pembangunan telah dimulai sejak tahun 1980-an namun Abuja baru resmi menjadi ibu kota Nigeria menggantikan Lagos pada 12 Desember 1991 dan kini Nigeria menjadi salah satu negara terpadat di Afrika.

8. Myanmar – Dari Yangoon ke Naypyidaw

Myanmar juga memindahkan ibu kotanya ke 320 km sebelah utara ibu kota lama Yangoon. Nama kota tersebut adalah kota Naypyidaw. Kota ini resmi menjadi ibu kota administratif Myanmar pada 6 November 2005. Namun nama Naypyidaw secara resmi diumumkan pada 27 Maret 2006, tepat di hari ulang tahun angkatan bersenjata Myanmar.

9. Kazakhstan – Dari Almaty ke Astana

Almaty merupakan ibu kota lama dari negara Kazakhstan. Ibu kota Kazakhstan ini sudah lama bahkan sebelum Kazakhstan merdeka dari penjajahan Uni Soviet (Rusia ) pada tahun 1992. Almaty selalu menjadi ibu kota Kazakhstan hingga pada tahun 1997 saat pemerintah negeri itu memindahkan pusat pemerintahan ke Astana.

Kota Astana merupakan sebuah kota modern baru dan terletak di sebelah utara Almaty. Pemindahan ibu kota ini bukan tanpa alasan, pemindahan ini dilakukan karena kota Almaty sudah terlalu sempit, rawan gempa, serta lokasinya terlalu dekat dengan perbatasan negara lain dan bukan di tengah negara. Atas alasan tersebut ibu kota dipindahkan ke Astana.

10. Pakistan – Dari Karachi ke Islamabad

Pakistan juga menjadi salah satu negara yang pernah memindahkan ibu kota negaranya, yaitu pada tahun 1959. Pemerintah Pakistan memutuskan memindahkan ibu kotanya dari Karachi di wilayah selatan ke Islamabad. Kota Islamabad sendiri baru mulai dibangun pada tahun 1960-an. Kota ini terbagi atas delapan zona lokasi yaitu zona administrasi, diplomatik, permukiman, pendidikan, industri, perdagangan, serta daerah pedesaan dan ruang terbuka hijau. Islamabad pun berubah menjadi kota paling mahal di Pakistan dengan rata-rata penduduknya berstatus ekonomi menengah ke atas dan kota ini juga merupakan kota teraman di Pakistan.

Sumber: rangkuman / serba-serbi pengetahuan dunia