Home Berita Sanggar seni budaya yang tumbuh setelah festival

Sanggar seni budaya yang tumbuh setelah festival

203
0
Latihan Persiapan Sanggar Seni Tala Pia

Tala Pia merupakan nama sanggar seni budaya yang berada di desa Bantala, kabupaten Flores Timur, tempat akan dilaksanakannya festival budaya dengan nama Festival Lamaholot Flores Timur 2019.

Tala Pia sendiri terbentuk berkat upaya pemerintah Kabupaten Flores Timur dalam menggelar festival seni budaya dengan nama Festival Nubun Tawa yang dilaksanakan pada 2018 yang lalu.

Tala Pia dalam persiapan menyongsong Festival Lamaholot Flores Timur 2019

Salah satu alasan terbentuknya sanggar seni Tala Pia adalah kenyataan bahwa adanya perkembangan serta kemajuan teknologi telah menggerus bahkan mulai mengikis tradisi serta warisan budaya masyarakat setempat.

Tala Pia hadir untuk membangun rasa kebersamaan serta persaudaraan untuk menggali dan melestarikan tradisi serta warisan budaya leluhur yang ada”, demikian ketua sanggar Tala Pia Hironimus Tukan.

Saat ini Tala Pia sedang mempersiapkan diri menyongsong festival Lamaholot Flores Timur 2019 yang akan digelar pada bulan September yang akan datang, tepatnya pada tanggal 11 dan 12 September.

Latihan Persiapan Sanggar Seni Tala Pia

Ardi, Salah satu Seniman Mengajar yang hadir pada persiapan yang dilakukan Tala Pia mengatakan kebudayaan adalah gerakan bersama, pengalaman kemanusiaan, karena itu sudah semestinya dijaga oleh seluruh masyarakat, bukan orang per orang.

Sementara Zaeni Boli dari Nara Teater menyampaikan bahwa kesenian adalah kegembiraan di tengah keterbatasan semangat yang membuat kita tetap hidup. (ZB)