Home Berita Kilas Tradisi Wari Waju Warga Ngada Flores

Kilas Tradisi Wari Waju Warga Ngada Flores

371
0

LN Focus Indonesia News – Tradisi Wari Waju merupakan salah satu tradisi adat tumbuk padi di dalam lesung di Kabupaten Ngada Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Dirangkum tim media ini Juni 2019 di Perkampungan Beiposo Ngada, untuk melaksanakan Wari Waju atau tradisi tumbuk padi digunakan beberapa peralatan trdisional yang sampai saat ini masih sangat di pertahankan oleh sebagian warga kampung Ngada.

Untuk beberapa jenis kegiatan yang berbau adat istiadat setempat, Wari Waju juga dilaksanakan dalam rangka proses awal dari acara yang dikenal dengan sebutan Ka Nua yang akan digelar.

Tradisi Wari Waju atau tumbuk padi dalam praktek budaya setempat hanya mengunakan padi merah yang berasal dari perkebunan lahan kering.

Warga Beiposo Ngada, Mama Petronela Woli kepada tim media ini mengungkapkan, tradisi Wari Waju merupakan salah satu praktek tradisi orang Ngada yang diyakini mempunyai kesakralan tersendiri dan dilaksanakan dengan menggunakan rangkaian tata cara yang baik dan benar agar tidak mendatangkan mala petaka atau juga resiko-resiko negative yang bisa saja terjadi diluar dari nalar biasa.

Kutipan tim media ini di wilayah Beiposo Ngada, tradisi yang satu ini masih sangat kental dipertahankan dan dilestarikan hingga saat ini. (Elphin Basan/Tim/Red)