Home Berita Mengenang Bupati Marsel, Wuamesu Ende Lio Bali Gelar Misa di Gereja F.X...

Mengenang Bupati Marsel, Wuamesu Ende Lio Bali Gelar Misa di Gereja F.X Kuta

418
0

LN Focus Indonesia News, KUTA, Bali – Mengenang Almarhum Ir.Marselinus Y.W Petu, Bupati Ende, ratusan warga Wuamesu Ende Lio di Bali menggelar Misa Kudus di Gereja FX Kuta, Jumat (31/5/2019) pukul 19:30 WITA. Bupati Marsel dipandang figur pemimpin yang memiliki kedekatan bathin dengan warga diaspora Ende Lio di Pulau Bali sejak masih sebagai Ketua DPRD Ende.

Misa Kudus yang dipimpin RD Damianus Doweng Hayong ini dihadiri beragam unsur paguyuban warga antara lain IKB Wuamesu Ende Lio Bali, Ikatan Alumni Syuradikara (IAS) Bali, IKB Flobamora Bali, IKL Lamaholot, Ikamabar serta beragam sub unit dalam Wuamesu seperti Kawe Tuban, Pamaimu, Sa’ Ate, Kaletaumbale dan Tukesani.


Dalam homillinya Pastor Damianus mengajak warga Ende untuk selalu mendoakan Almarhum, “Peristiwa kematian hendaklah dimaknai dalam semangat Iman. Sekiranya semangat dan visi pembangunan Bupati Marsel tetap diteruskan” Harap Pastor Dami.

Menurut koordinator acara Petrus Peta yang ditemui di Kuta, keinginan untuk menggelar hajatan doa, lahir dari inisiatif warga. “Semula kami hendak menggelar doa di rumah salah seorang warga, Puji Tuhan, Pastor Paroki FX Kuta ketika dikomunikasikan justru bersedia memimpin perayaan ekaristi setelah prosesi penutupan bulan Rosarioi” ungkap pria yang sehari hari bertugas di POLDA Bali ini, Jumat (31/5).

IKB Wuamesu Ende Lio Daerah Bali melalui Sekretaris Umumnya, Valerian Libert Wangge menyampaikan apresiasi yang mendalam atas jasa baik Bupati Marsel, “ Semua kita pastinya terkejut karena kabar duka cita ini datang begitu cepat. Kehadiran umat dalam misa kudus ini tentu saja berangkat dari banyak alasan, ada yang sangat mengenal almarhum, ada yang ingin menghormati pemimpinnya dan ada yang mungkin bagian dari keluarga. Tetapi bagi IKB Wuamesu Bali, sosok Marsel Petu tidak sekedar seorang Bupati, tetapi Bapak dan Kakak yang dekat”, Ungkapnya dalam sambutan mewakili Wuamesu Bali.


Menurut pria yang berprofesi sebagai Advokat ini, hubungan baik Bupati Marsel dengan IKB Wuamesu Bali terbangun sejak almarhum masih menjabat Ketua DPRD Ende. Saat itu beliau datang ke Bali dan bersama-sama kami membuka turnamen Sepakbola Kelimutu Cup. Ini turnamen yang bersejarah dan cukup bergengsi untuk ukuran kami di perantauan.

“Perjumpaan terakhir ketika beliau hadir sebagai Bupati dalam hajatan Pesta Kesenian Bali beberapa waktu yang lalu. Tidak itu saja, saat Ende Bali FC maju ke babak final Flobamora Cup beberapa tahun lalu, Bupati Marsel juga datang memberikan semangat dan motivasi. Karakter dan model kepemimpinan seperti ini yang memberikan kesan yang mendalam bagi kami di rantauan”.

Dikesankan Faris sapaannya, dalam situasi hari-hari ini, dapat dibilang sulit mendapatkan figur pemimpin yang mau datang, menyapa, menyentuh dan memotivasi rakyatnya di perantauan,

“Bupati Marsel telah menunjukan keteladanan ini sehingga kiranya ke depan akan muncul figur pemimpin dengan karakter kepemimpinan seperti yang telah dicontohi almarhum”

Petrus Selitupen, seorang sahabat almarhum semasa sekolah mewakili IAS Bali mengungkapkan jika Bupati Marsel memiliki visi yang luar biasa membangun Ende, “Kami terakhir bertemu dan banyak berbincang saat Syuradikara menggelar reuni akhir tahun 2018 lalu. Eja Marsel banyak menyampaikan gagasan dan visinya untuk menjadikan Ende sebagai Kota Pancasila” Tutur Petrus Selitupen .

Sementara itu, Ketua Umum Flobamora Bali, Yosep Yulius Diaz memiliki kesan tersendiri dengan sosok Marsel Petu, “Di pulau Bali ini kami seringkali berinteraksi dengan banyak kepala daerah dari NTT, tetapi ada kesan mendalam dengan sosok almarhum. Beliau terlihat sangat konsen membangun Ende dan mencintai rakyatnya di perantauan. Saya atas nama Flobamora Bali menyampaikan duka cita yang mendalam”.

Misa Kudus diakhiri dengan ramah tamah sederhana di basement Gereja FX Kuta dihadiri lebih kurang 200 an warga yang berasal dari latar belakang agama baik Katolik, Kristen, Hindhu dan Islam.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Bupati Ende Nusa Tenggara Timur (NTT), Marselinus YW Petu, meninggal di Rumah Sakit Siloam Kota Kupang, Mingggu (26/5/2019). Bupati Marsel dimakamkan di Pekuburan Katolik Paroki Onekore, Ende Tengah Rabu (29/5/2019). Selamat Jalan Bupati Marsel * Sumber : HUMAS WUAMESU Bali – (Tim/Red)