Home Berita Warga Ulubelu Minta Listrik, Dirut PLN Ngada Jawab Segera Ditangani

Warga Ulubelu Minta Listrik, Dirut PLN Ngada Jawab Segera Ditangani

122
0

LN Focus Indonesia News – Sedikitnya sekitar Sembilan Keluarga, Warga Desa Ulubelu, Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada, Flores-NTT yang letak rumahnya bertetangga sangat dekat dengan Tempat Pembangkit Listrik Tenaga Uap Panas Bumi Daratei Ngada, saat liputan wartawan dan media ini tanggal 05 April 2019, ditemukan belum dialiri listrik.

Keluarga Bernardus Bate misalnya, letak rumah keluarga yang satu ini persis hanya berbatasan dengan pagar kawat jarak sekitar satu meter dari Kantor Panas Bumi Daratei Kabupaten Ngada, namun rumahnya belum tersambung listrik untuk kepemilikan meteran tersendiri.

Sebagai warga kampung tempat kantor listrik PLTP Daratei didirikan, Bernardus Bate mengisahkan peran sertanya dan juga warga Ulubelu untuk PLTP Daratei Ngada cukup aktif sejak awal dengan cara membantu disaat survey awal mula, berikutnya berpartisipasi seadanya sesuai yang diperlukan pihak rekanan pengerja proyek Daratei, sebab semua warga berharap ketika listriknya jadi, mereka bisa mendapat perhatian pemasangan listrik untuk penerangan.

Namun hari demi hari harapan itu tidak terjawab meski proyek listrik dinyatakan sudah beroperasi.

Karena selalu menggunakan lampu pelita, Bernardus Bate akhirnya menyambung kabel dari sebuah rumah kecil yang sudah ditinggal pergi penghuni tenaga kontrak dari rekanan asal Jawa yang bekerja di PLTP Daratei pada saat explorasi proyek untuk listrik PLTP Daratei Kabupaten Ngada.

Dengan bermodalkan kabel penyambung arus menuju ke rumahnya, tutur Bernadus Bate, dia selalu membeli pulsa untuk penerangan walau meteran yang digunakannya bukan dari milik pribadi tetapi dari meteran sebuah rumah kecil milik petugas yang sudah ditinggal kosong tanpa penghuni.

Dihimpun media ini di Desa Ulubelu Ngada (05/04/2019) sedikitnya terdapat sekitar Sembilan Kepala Keluarga yang bermukim tetangga terdekat dengan sumber utama listrik Daratei Ngada belum mendapat pengentasan pelayanan listrik untuk warga.

Sebelumnya berdasarkan data yang perna diturunkan media ini, berikut daftar nama keluarga yang belum tersambung arus listrik di wilayah itu,
Keluarga Herman Yosef Naru, Keluarga Oliva Mo’i, Keluarga Bernadus Bate, Keluarga Petrus Bate, Keluarga Karolus No’u, Keluarga Regina Dhiu, Keluarga Yeremias Ruba, Keluarga Hendrikus Be’i, Marselinus Mola, Bonefasius Wuda (data lama, dilansir sebelumnya).

Terhadap kondisi ini, konfirmasi redaksi media (05/04/2019), Manajer PT PLN (Persero) ULP Bajawa yang baru, Vincentius Rambo melalui telepon, langsung memberikan jawaban, pihaknya segera turun lapangan, mendata ulang secara pasti, berapa keluarga di Desa Ulubelu Ngada yang belum terpasok listrik PLN.

“Terimakasih atas informasi rekan media. Kami segera turun ke lapangan, melakukan pendataan ulang secara pasti, survey keluarga yang belum terpasang listrik PLN. Kita segera kerjakan”, tegas Manager PLN Bajawa, Vincentius Rambo yang baru bertugas di Bajawa menganttikan Manager PLN Bajawa sebelumnya yang dirotasi tugas ke Kota Ende. Keterangan foto : warga Ulubelu : Bernardus Bate // (Tim/Red)