Home Berita Video Kesaksian Warga Ulubelu Ngada Tertipu Agenda Study Genteng

Video Kesaksian Warga Ulubelu Ngada Tertipu Agenda Study Genteng

455
0

LN Focus Indonesia News – Sejarah Pembangunan Listrik Tenaga Uap Panas Bumi Daratei di Kecamatan Golewa Kabupaten Ngada, Pulau Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur, menyisahkan trauma tersendiri bagi sejumlah warga yang bermukim di lokasi pemboran Desa Ulubelu Kabupaten Ngada.

Seperti dalam tayangan video berita ini, seorang warga saksi peristiwa menuturkan kepada wartawan (05/04/2019) tentang kisah perjalanan agenda mereka yang diberangkatkan untuk study membuat genteng di Bandung namun setelah tiba di Bandung, warga dibawa ke tempat pembuatan jamu.

Karena sudah jauh dari daerah asal, tidak mempunyai anggaran sendiri untuk pulang sebab biaya keberangkatan ditanggung oleh daerah, kelompok warga terpaksa mengikuti saja dibawa ke tempat belajar membuat jamu, meskipun mereka merasasakit hati karena merasa ditipu.

Video ini direkam oleh wartawan pada sebuah sesi wawancara tanggal 05 Apriil 2019 lokasi Kampung Ulubelu Kabupaten Ngada.

Atas kejadian ini warga mengaku trauma terhadap agenda-agenda belajar ke luar daerah yang melibatkan warga masyarakat.

Pasalnya, kejadian naas ini terjadi pada proses explorasi Panas Bumi Daratei Ngada sudah berjalan dan sudah bisa beroperasi.

Warga tidak bersedia membuka keterangan kepada wartawan, peristiwa traumatis ini terjadi pada era kepemimpinan siapa di Kabupaten Ngada, Flores-NTT. Bagi warga, kejadian seperti ini merupakan pelajaran yang sungguh berharga bagi mereka guna dimaknai. (Tim/Red)