Home Berita Terkait TKI NTT, Ini Catatan PADMA Indonesia Untuk Presiden Dan DPR RI

Terkait TKI NTT, Ini Catatan PADMA Indonesia Untuk Presiden Dan DPR RI

130
0

LN Focus Indonesia News – Lembaga Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia atau disingkat PADMA Indonesia (01/04/2019) di Jakarta mengungkapkan maraknya pemulangan jenazah ke Indonesia khusus NTT dan umumnya ilegal, rata-rata dengan biaya sendiri, tanpa bantuan Negara.

Dikutip media ini, PADMA Indonesia melalui Direkturnya Gabriel Goa mengungkapkan, dengan banyaknya PMI yang terancam Hukuman Mati dan Korban Human Traffickng, sudah waktunya Presiden jangan lamban menangani PMI di Luar Negeri, baik Legal maupun Ilegal.

Baca juga : https://larantuka.com/2019/04/padma-indonesia-berharap-pemprov-ntt-tidak-lamban-tangani-pmi/

Berikut menurut PADMA Indonesia, beberapa langkah untuk ditempuh negara, pertama, Presiden segera mendesak Kemenlu, Kemenaker, Kemenhukham, Kemenhub, KKP dan BNP2TKI segera mendata dan mengurus PMI yang ilegal menjadi legal bekerja di Luar Negeri.

Kedua, PADMA Indonesia mendesak Presiden dan Kementerian terkait urusan PMI, agar segera mengeluarkan Perpres dan Peraturan Menteri terkait PMI.

Ketiga, PADMA mendesak Presiden segera membentuk Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Human Trafficking mulai dari Pusat dipimpin oleh Menko Polhukham hingga ke Desa2 serta menindak tegas Mafiosi Human Trafficking.

Keempat, mendesak Presiden RI kedepan agar tegas hanya mengirim minimal lulusan SMK/SMA hingga Sarjana yang sudah dilatih di BLK dan melalui LTSA serta tidak lagi mengirim ke negara-negara yang belum meratifikasi Konvensi ILO dan Ham PBB seperti Arab Saudi untukmelindungi Pekerja Migran Indonesia agar tidak lagi diinjak-injak harkat dan martabat mereka.

Ditambahkan, menurut PADMA, jika 13 Anggota DPR RI dan 4 Anggota DPD RI dari Dapil NTT urungrèmbug bangun BLK Profesional 3 buah yakni di Tambolaka,Kupang dan Maumere, maka nasib orang NTT sebagai PMI di Negeri Jiran tidak tragis. PADMA Indonesia minta Pemilih NTT harus cerdas memilih para wakil, sebab Wakil Rakyat adalah garda sentral dalam membantu menyelamatkan dan memajukan NTT.

Wakil Rakyat yang memajukan diri sendiri di Senayan dan urus kroni-kroni saja, harus segera dilupakan oleh warga NTT, jangan pilih lagi, tegas PADMA Indonesia. (Tim/Red)